10 Pekerjaan Populer untuk Mahasiswa

0
148

JAKARTA (Garudanews.id) – Hidup di perguruan tinggi cukup menantang. Sebagian mahasiswa ada yang dibiayai penuh orang tua, sebagian lainnya tidak dapat menggantungkan biaya pendidikan sepenuhnya dari orang tua.

Jika Anda tipe kedua, jangan panik atau buru-buru membatalkan niat untuk kuliah. Ada banyak cara yang bisa membantu Anda membayar biaya pendidikan di universitas. Anda hanya perlu memberanikan diri, tak perlu takut mengambil pekerjaan sampingan, atau mencoba hal-hal baru yang bisa membentuk kehidupan Anda.

Anda bisa mempertimbangkan mencoba 10 pekerjaan berikut, dilansir dari Kick Vick, Selasa (17/7).

1. Tempat penitipan anak dan panti jompo

Salah satu cara mudah mendapat uang ketika kuliah adalah bekerja di tempat penitipan anak dan panti jompo. Mayoritas lembaga-lembaga ini mempekerjakan mahasiswa paruh waktu. Selain memperluas jaringan Anda, Anda juga bisa mengembangkan jiwa sosial dengan membantu sesama, sembari menghasilkan uang untuk biaya pendidikan.

2. Bekerja di kampus

Di kampus, Anda tetap bisa menghasilkan uang, misalnya dengan menjadi asisten dosen, bekerja di perpustakaan, petugas ruang surat, duta kampus, asisten peneliti, dan sebagainya. Pekerjaan ini biasanya tak selalu diiklankan, namun menawarkan layanan untuk mendapatkan uang tambahan bagi mahasiswa.

3. Menulis esai dan makalah

Menulis esai dan malah untuk menghasilkan uang untuk biaya kuliah juga bukan ide buruk. Anda cukup memastikan esai dan makalah yang Anda buat berkualitas. Bangun reputasi Anda dengan menawarkan layanan yang memperlakukan klien dengan profesional.

Layanan penulisan esai bukanlah pekerjaan mudah, sebab butuh waktu dan dedikasi.

4. Bimbingan belajar

Anda bisa menjadi pembimbing belajar bagi teman-teman di kampus atau adik kelas untuk mata kuliah tertentu yang Anda kuasai dengan baik. Pasarkan diri Anda dan pastikan nilai Anda bagus di mata kuliah tersebut. Temukan siswa yang berlebih secara finansial, namun kurang menguasai mata ajaran tertentu. Tawarkan kepada mereka jasa Anda. Sebagian besar tidak akan menolak sebab nilai bagus adalah tujuan akhir mahasiswa di kampus.

5. Resepsionis hotel

Pekerjaan jenis ini mungkin tak mudah ditemukan, namun ini bukan ide buruk. Sebagai mahasiswa, jangan dulu mengharapkan pekerjaan besar yang menghasilkan penghasilan besar layaknya orang yang sudah bekerja.

Jika Anda diberi kesempatan untuk memulai dari pekerjaan-pekerjaan kecil, ambil dan kerjakan sepenuh hati. Meski itu sekadar resepsionis hotel atau penyambut tamu, lakukanlah.

6. Fotografer

Bekerja sebagai fotografer bukan hanya keren, namun juga menguji keterampilan Anda. Berkomitmenlah untuk bekerja sebagai fotografer dan dapatkan uang untuk membiayai pendidikan Anda.

7. Pengemudi online

Gojek, Grab, Uber memberi banyak kesempatan untuk menghasilkan uang dan sumber penghasilan paruh waktu. Jika Anda memiliki mobil atau bisa meminjam mobil orang tua, jangan ragu mencoba pekerjaan ini. Ini akan membantu Anda melebarkan jaringan pertemanan, sembari menghasilkan uang untuk membiayai kuliah.

8. Barista

Bekerja sebagai barista bukanlah sesuatu yang disukai mahasiswa pada umumnya. Namun, jika Anda mempunyai kemampuan itu, jangan ragu mencobanya. Siapa tahu di masa depan Anda akan membuka restoran atau warung kopi sendiri.

9. Pekerja lepas

Pekerja lepas atau freelance menawarkan banyak profesi, seperti desaigner lay out, petugas pos, instruktur olah raga, dan sebagainya. Oleh sebab itu pastikan Anda menguasai bidang tertentu.

10. Tempat penitipan hewan

Anda juga bisa bekerja sebagai perawat hewan peliharaan di pusat-pusat penitipan hewan. Banyak keluarga berlibur atau berada di luar kota yang tak memungkinkan mereka membawa serta hewan peliharaannya. Anda bisa mendapat sejumlah uang dari profesi ini, sekaligus keterampilan penting menangani berbagai jenis binatang.

(Rep/Sfa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here