11 Tanda Anda Membesarkan Anak Jenius

0
463
Anak Jenius(foto:ist)

Jakarta (Garudanews.id) – Semua orang tua percaya bahwa anak mereka istimewa dan unik. Tetapi beberapa anak ditakdirkan untuk menjadi pemikir besar berikutnya.

Bagaimana Anda bisa tahu apakah si kecil Anda lebih dari sekadar pintar dan setingkat dengan Einstein, Mozart, atau Marie Curie? Bagaimana Anda tahu jika Anda membesarkan seorang anak jenius?

Asosiasi Nasional untuk Anak Berbakat di Amerika memperkirakan bahwa 3 juta anak di Negara Paman Sam itu berbakat. Definisi berbakat itu sendiri adalah mereka yang menunjukkan tingkat bakat atau kompetensi yang luar biasa dalam satu atau beberapa domain. Menilai apakah seorang anak memenuhi kriteria ini jauh lebih rumit daripada hanya mengandalkan nilai tes, itu pasti.

Sebenarnya, banyak pendidik mencari tanda lain kecerdasan luar biasa yang tidak bisa diukur dengan tes atau ujian. Lihatlah tanda-tanda berikut pada anak, dilansir dari Reader’s Digest.

Balapan melalui tonggak
Salah satu tanda pertama yang menandakan Anda sedang membesarkan seorang jenius muncul sangat awal dalam kehidupan anak-anak. Mencapai perkembangan tonggak cara sebelum diprediksi bisa menjadi tanda bahwa anak Anda siap ditantang. Eboni Hollier, MD, dewan sertifikasi dalam pediatri perkembangan dan perilaku mengatakan banyak orang tua dari anak-anak berbakat mencatat bahwa mereka sering menguasai tonggak perkembangan pada usia yang lebih rendah dari yang diharapkan.

“Secara khusus, kemampuan bahasa mungkin jauh di atas tingkat usia. Banyak anak berbakat sering kembangkan kosakata yang luas dan berbicara dalam kalimat yang kompleks sejak usia dini, “katanya.

Mengenali pola lebih awal
Orang jenius akan mulai mengenali pengulangan sejak usia dini namun bukan hanya pola warna atau bentuk sederhana yang menarik perhatian mereka. Niranjan Reddy, PhD, dari SuperBaby menunjukkan bahwa anak-anak berbakat tidak hanya memperhatikan pola dan bentuk dalam permainan dan aktivitas, namun juga dapat melihat perilaku, aktivitas, dan tindakan berulang lebih mudah daripada teman sebayanya.

“Anak-anak berbakat melihat semuanya, dari mana bus melewati rumah setelah sarapan pagi sampai berapa banyak batu bata yang bisa muat di dalam bagasi mainan. Mereka sangat baik dalam mengamati dan mengingat informasi penting,” katanya.

Penasaran dengan dunia
Anak-anak cerdas tertarik pada dunia di sekitar mereka. Orang-orang jenius sejati memiliki rasa ingin tahu yang tak terpuaskan untuk mengetahui tentang hal-hal kecil tentang bagaimana segala sesuatu bekerja. Dari bertanya tentang setiap mamalia setiap kebiasaan makan individu untuk bersikeras mengetahui secara pasti bagaimana pemanggang roti bekerja. Anak-anak cerdas akan menguji kesabaran orang tua mereka dengan serangkaian pertanyaan yang tak berkesudahan.

Memiliki pengetahuan atau minat terperinci dalam topik favorit mereka
Anak-anak berbakat akan sering memiliki pengetahuan mendalam dalam satu spesialisasi topik tertentu atau bidang minat. Ini mungkin berarti mereka dapat memberi tahu Anda nama ilmiah setiap dinosaurus atau menjelaskan cara kerja mesin mobil. Apapun topiknya, pengetahuan anak ajaib biasanya mencakup semua hal. Sebagai yang dilansir dari Readers Digest menjelaskan seorang anak ajaib adalah seseorang yang pada usia sekitar 11, menampilkan kemampuan ahli atau pemahaman mendalam tentang dasar-dasar di lapangan yang biasanya hanya dilakukan oleh orang dewasa.

Lebih menyukai urusan orang dewasa atau orang yang lebih tua darinya
Anak-anak berbakat mungkin merasa sulit untuk berhubungan dengan teman sebayanya yang mungkin memiliki minat dan kemampuan yang berbeda. Anak-anak yang sangat cerdas sering merasa bosan di kelas karena pekerjaan itu terlalu mudah bagi mereka dan akan mencari percakapan yang lebih merangsang dengan teman sebaya dan orang dewasa yang lebih tua. Anda dapat membantu anak Anda untuk berteman dengan orang-orang dari segala usia dengan mengajarkan mereka keterampilan sosial dan empati.

Fokus dan tekad
Anak-anak berbakat memiliki ketekunan untuk tetap berpegang pada tugas atau kebiasaan sampai mereka menguasainya. Sunny Verma, pendiri dan CEO Tutorbright mengatakan anak-anak berbakat biasanya memiliki rasa fokus yang menakjubkan. Ketika diberi tugas, mereka cenderung mengerjakannya tanpa gangguan sampai selesai. TV, video game, dan media sosial tidak bisa mengalihkan perhatian mereka yang memungkinkan mereka untuk menyelesaikan dengan efisiensi.

Kemampuan memimpin
Karena kematangan dan kemampuan organisasional mereka, banyak anak jenius akan menjadi pemimpin sebuah industri. Sunny Verma menggambarkan bagaimana anak-anak berbakat biasanya dapat bertanggung jawab untuk menemukan solusi yang paling efektif.

“Mereka juga mengatur sendiri penampilan mereka sehingga mereka selalu mencari cara untuk memperbaiki – sifat pemimpin yang diinginkan tanpa memandang usia. Karena kemampuan ini, mereka biasanya dapat memimpin rekan-rekan mereka, karena mereka lebih percaya diri dalam pengertian arah dan pengalaman mereka dalam mengambil alih,” ujarnya.

Suka membaca
Sama seperti tokoh pahlawan jenius anak Roald Dahl yang terkenal, Matilda, anak jenius adalah pembaca yang rakus. Mereka sering belajar membaca dengan cepat dan lebih awal dari pada anak-anak lain seusianya dan menikmati membaca untuk makna dan kesenangan.

Memiliki karya orisinal
Penanda yang umum untuk mengenali anak mungkin luar biasa adalah mereka tidak hanya memahami karya lanjutan oleh orang lain. Tetapi mereka dapat menawarkan pemikiran, wawasan unik dan orisinil mereka sendiri ke dalam masalah dan teka-teki. Sebuah artikel di Creativity Post menemukan bahwa para jenius selalu mencari cara baru untuk mendekati masalah atau melihat dunia.

“Mereka bertanya ‘Seberapa banyak cara yang dapat saya lihat?,’ Bagaimana saya dapat memikirkan kembali cara saya melihatnya? ‘, dan’ Berapa banyak cara yang bisa saya selesaikan?“

Mereka tidak sempurna
Perlu diingat bahwa bahkan anak-anak berbakat pun masih akan melakukan kesalahan, keliru, tidak berperilaku benar, atau mengalami kemunduran dari waktu ke waktu. Mereka masih anak-anak! Menjadi luar biasa tidak selalu berarti akan dapat menguasai semua mata pelajaran kurikulum atau bakat. Anak Anda mungkin seorang matematika yang hebat, tetapi memiliki kesulitan dalam belajar bermusik, atau mereka mungkin unggul dalam berbagai olahraga namun menemukan tantangan membaca.

Kuncinya adalah memberi kesempatan seimbang bagi mereka untuk belajar dan berkembang. Mallory Kojkowski, Ed.D., direktur penerimaan dan penjangkauan Fusion Academy di Miami, mengingatkan orang tua bahwa anak-anak berbakat pun memiliki kelemahan.

“Siswa berbakat mendapatkan keuntungan dari kompetensi kognitif yang canggih, namun mungkin masih berjuang di bidang yang berkaitan dengan frustrasi, kecerobohan, kurangnya kemampuan menjalankan eksekutif, atau keterampilan berkonsentrasi yang buruk,” katanya.

Ada tempat untuk tes
Meskipun pengujian hanya merupakan bagian dari prosedur penilaian untuk memahami apakah anak Anda berbakat, ini bisa menjadi penanda penting, terutama untuk penempatan sekolah. Tes lain yang tersedia dari ORIG3N, pemimpin dalam teknologi obat regeneratif dan penilaian genetika konsumen, mungkin dapat memberi tahu Anda jika anak Anda memiliki kemampuan yang luar biasa dalam berbagai bidang studi.

Kit DNA BLOOM dapat menilai gen yang mempengaruhi perkembangan masa kanak-kanak di bidang seperti kemampuan untuk belajar bahasa baru, kemampuan matematika, mengingat ingatan, dan kemampuan kognitif lainnya. Apakah anak Anda secara teknis berbakat, tidak diragukan lagi merupakan hadiah untuk Anda dan potensinya tidak terbatas.(Rep/Sfa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here