Ini Kata Pengamat Terkait Dukungan Solihin GP Kepada Ridwan Kamil

0
200
Foto: Istimewa

BANDUNG, (Garudanews.id)  – Bergabungnya tokoh Jawa Barat Solihin Gautama Purwanegara (Solihin GP) untuk mendukung Ridwan Kamil pada Pilgub Jawa Barat diprediksi bakal mendongkrak suara secara signifikan.

Pasalnya,  mantan orang nomor satu di Jawa Barat itu masih memiliki pengaruh besar.  Selain ketokohannya,  Solihin dikenal dekat dengan sejumlah tokoh yang berpengaruh di pelosok masyarakat Sunda.

Hal itu dikemukakan pengamat politik Dr Adi Suparto,  menyusul  deklarasi dukungan Solihin GP kepada mantan Wali Kota Bandung tersebut.

“Ya tentu dukungan Solihin GP itu menjadi kekuatan baru bagi pasangan Ridwan Kamil-Uu.  Namun demikian didalam politik itu tidak bisa dipastikan.  Bisa saja loyalisnya mendukung paslon lain,” ujar Adi kepada garudanews.id, Senin,  (11/6).

Adi mengatakan,  merujuk pada Pilpres 2014 lalu Solihin GP menyatakan dukungannya pada pasangan Jokowi-JK.  Tapi tidak serta merta dukungan itu diamini oleh loyalisnya.

“Terbukti,  Pilpres lalu suara Jokowi-JK di Jabar masih dibawah Prabowo-Hatta. Artinya,  terjadi pergeseran pemilih.  Apalagi era teknoligi digital seperti saat ini dengan cepat bisa merubah perilaku pemilih,  apabila ada isu sensitif.  Terlebih bagi bagi kalangan millenial,” kata Adi.

Sebelumnya,  mantan gubernur Jabar Solihin GP,  secara resmi mendeklarasikan dukungannya bagi Ridwan Kamil di Pilkada Jabar 2018 mendatang.

“Saya mendukung Ridwan Kamil karena dari dulu sejak Pilwalkot saya tidak ganti-ganti Ridwan Kamil saja. Saat saya sakit stroke, jadi tidak bisa mendampingin Ridwan terus menerus,” ujar mantan gubernur Jawa Barat tahun 70-an itu,  di kediamannya, Jalan Cisitu, Bandung, Minggu (10/6).

Solihin mengatakan, Ridwan Kamil merupakan sosok muda yang punya komptensi untuk memimpin Jawa Barat. Selain itu, kata Solihin, Ridwan Kamil lahir dari keluarga berlatarbelakang akademisi.

Baca juga: PPP Bersyukur Elektabilitas Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Kini Naik

Pengalamannya selama satu periode mengurus Kota Bandung sudah cukup menjadi bukti kapasitas Ridwan Kamil di tatanan kepemerintahan.

“Kenapa saya memilih dia, dia dari keluarga baik, anak sunda, bapak ibu sunda. Saya kenal dia waktu permulaan dia untuk jadi Wali Kota Bandung. Dia keluarga Sunda yang bisa jadi contoh keluarga yang baik. Dia punya keluarga solid, yang terpelajar, beragama. Saya tak akan meninggalkan alasan kesundaan,” tuturnya.

Lebih lanjut, Solihin menjelaskan alasan terbesarnya mendukung Ridwan Kamil lantaran ia punya profesi yang mampu menunjang kebutuhan materi selama jadi pejabat.

“Dia punya profesi, kalau tak punya profesi kalau dia jadi pejabat akan terus mencari kekuatan dari jabatan tidak berdasarkan keahlian. Kalau Ridwan punya keahlian, dia arsitek yang sudah terkenal. Itu akan mendukung tugas kepemerintahan,” pungkasnya. (Kom)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here