Aksi Buruh, Patung Kuda Jadi Titik Kumpul

0
504
Ilutrasi Aksi Buruh

JAKARTA (Garudanews.id)- Patung Arjuna Wiwaha atau biasa disebut Patung Kuda yang terletak di persimpangan Jalan MH Thamrin dan Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, menjadi lokasi titik kumpul para buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) saat peringatan Hari Buruh Internasional (Mayday), Senin (1/5).

“Titik kumpul semua peserta aksi adalah Patung Kuda,” jelas Ketua Departemen Infokom dan Media KSPI, Kahar S Cahyono, tentang penjelasan teknis lapangan Mayday 2017 kepada wartawan, Sabtu (29/4).

Dalam Mayday kali ini, puluhan ribu buruh yang berasal dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan sekitarnya direncanakan hadir mengikuti aksi unjuk rasa yang terpusat di Jakarta.

Kahar mengatakan, nantinya bus dan mobil kecil yang mengangkut peserta aksi masuk melalui rute Semanggi-Bundaran HI-Patung Kuda dan parkir di lapangan parkir IRTI Monas.

Baca: Breaking News: Anak Kecil Tewas Terbakar Saat May Day di GBK

Para peserta yang datang menggunakan sepeda motor juga diarahkan untuk memarkirkan kendaraannya di IRTI Monas.

“Peserta aksi sudah mulai berangkat dari masing-masing wilayah jam 08.00 WIB,” bilang Kahar.

Untuk mobil komando, menurut Kahar, turut berangkat dari masing-masing wilayah bersama peserta aksi dan standby di tempat yang telah ditentukan di sekitar Patung Kuda.

Pihak KSPI, kata Kahar, juga telah membagi zonasi titik kumpul para peserta aksi berdasarkan asal wilayah masing-masing.

Untuk wilayah Bekasi, Depok dan DKI Jakarta, peserta aksi berkumpul di sepanjang Jalan Medan Merdeka Selatan (Kementerian BUMN/Balaikota DKI) mengarah ke Patung Kuda.

Kemudian, untuk wilayah Banten, Tangerang dan Bogor berkumpul di sepanjang Jalan Budi Kemuliaan (Bank Indonesia/Indosat) mengarah ke Patung Kuda.dikutip dari Tribunnews.

Terakhir, bagi peserta asal Subang, Purwakarta dan Karawang, diarahkan berkumpul di sepanjang Jalan MH Thamrin (Kementrian ESDM) mengarah ke Patung Kuda.

Adapun isu yang akan disuarakan KSPI dalam Mayday kali ini, seperti diutarakan Presiden KSPI Said Iqbal, adalah HOSJATUM, kependekan dari hapus outsourcing, jaminan sosial, dan tolak upah murah.

(Chep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here