Anies Baswedan Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Pagi Ini

0
65
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meresmikan Jakarta Investment Center (JIC)

JAKARTA (Garudanews.id) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan memimpin upacara peringatan peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Monas Selatan, pagi ini.

Hari Kesaktian Pancasila merupakan peringatan ditumpasnya upaya kudeta Gerakan 30 September 1965 atau dikenal dengan peristiwa G30S/PKI. Hari Kesaktian Pancasila ini diperingati setiap 1 Oktober.

PKI dibubarkan pada 1966 lantaran dituding sebagai dalang pembunuhan jenderal-jenderal TNI Angkatan Darat pada 30 September 1965. Peristiwa G30S1965 itu berdampak hebat pada masa itu. Posisi Soekarno goyah, lalu tampuk kekuasaan beralih kepada Soeharto.

PKI yang dituduh hendak melakukan makar dan banyak anggotanya dibunuh dan diasingkan. Militer pun memegang kendali pemerintahan.

Sejak Orde Baru berkuasa, keturunan anggota PKI didiskriminasi dan mendapat cap anak pemberontak. Meski G30S PKI terjadi lebih dari 50 tahun lalu, jejaknya terus diawetkan.

CDilansir dari Tempo, cap PKI juga masih kerap digunakan untuk melabeli kelompok tertentu hingga sekarang. Cap itu turut bertaut dengan isu agama. Mereka yang dicap komunis juga mendapat label sebagai ateis dan anti-Pancasila.

Ada banyak versi yang mengungkap soal gerakan G30S PKI 1965. Misalnya, ada versi bahwa gerakan itu sebagai kudeta Soeharto, lalu dalangnya PKI. Selain itu di balik gerakan itu ada andil Soekarno, dan keterlibatan intelejen asing. (Red/Lya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here