Antisipasi Pohon Tumbang, DLH Harus Pantau Pohon Berusia Tua

0
462
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor memantau secara kontinyu pohon tua berusia puluhan tahun di sepanjang Jalan Raya Ciawi -Sukabumi. (Foto: Dedi/garudanews)

BOGOR (Garudanews.id) – Dalam mengantisipasi adanya pohon tumbang karena termakan usia, diminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor memantau secara kontinyu pohon tua berusia puluhan tahun di sepanjang Jalan Raya Ciawi -Sukabumi.
“Ya untuk menghindari korban jiwa, diminta dinas terkait diminta terus memantau keberadaan pohon tua di sepanjang Jalan Raya Ciawi-Sukabumi yang jumlahnya mencapai ratusan pohon,” kata Tokoh Masyarakat Caringin, H. Fahrudin kepada garudanews.id, Minggu (16/4).
Kata Fahrudin, untuk menghindari terjadinya pohon tumbang, seperti insiden di depan SPN Lido pada Jum’at (14/4) lalu, yang mengakibatkan lalu lintas dari Caringin sampai Cijeruk mengalami kemacetan panjang.
“Kendaraan dari arah Bogor ke Sukabumi atau sebaliknya mengalami kemacetan parah. Karena penumpukan kendaraan bagi pengendara yang tidak mau sabar dan ditambah akibat pohon tumbang diperparah lagi adanya pengecoran jalan,”jelasnya.
Dia meminta, kepada dnas terkait agar selalu mengadakan pemantauan terhadap pohon tua, dengan cara menerjunkan petugas ke lokasi untuk memonitoring kondisi pohon tua tersebut.
“Ya kalau bias dikurangi beban daun si pohon tua tersebut kalau sudah berlebihan. Jadi potong atau kurangi jumlah cabangnya,” saran dia.
Selain itu, pihaknya juga mengimbau agar warga masyarakat menghindari pohon besar atau berumur tua saat terjadi hujan deras disertai angin kencang.
“Begitu turun hujan ditambah anginnya kencang, hindari parkir mobil di bawah pohon tua dan jangan berteduh di sana.,”pesan H. Fahrudin.
(Dedi/Razik).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here