Antisipasi ujaran Kebencian, Polrestro Bekasi Lakukan Sosialisasi

0
174
Foto: Istimewa

KABUPATEN BEKASI (Garudanews.id) – Jajaran Satuan Binmas Polres Metro (Polrestro) Bekasi dibawah komando Kasat Binmas AKBP Muryono, melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Da’arul Fikri, Kecamatan Cikarang Barat, Jumat (12/1).

Dalam kesempatan itu, Sat Binmas melakukan giat pembinaan dan penyuluhan (binluh) tentang antisipasi  bahaya radikalisme dan menangkal hate speech atau ujaran kebencian.

Dalam Binluh tersebut, Kanit Bintibmas Polres Metro Bekasi, AKP Endang Longla, memaparkan unsur-unsur apa saja yang termasuk ujaran kebencian, bentuk- bentuk ujaran kebencian, alat/prasarana yang digunakan, dampak dari hate speech, data kasus yang ditangani oleh Kepolisian, serta proses penanganan dan penegakkan hukum berdasarkan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008.

Dirinya berharap Binluh ini akan mengantisipasi adanya radikalisme di lingkungan tempat tinggal, sehingga pelajar dapat memahaminya dan dapat pula mengantisipasi bahaya radikalisme pada dirinya dan keluarganya.

“Mudah-mudahan kerjasama antara pihak Pondok Pesantren Daarul Fikri akan terus dan tetap berlanjut, dalam hal pembinaan dan penyuluhan yang merupakan program preemtif dari Kepolisian khususnya Sat Binmas Polres Metro Bekasi,” imbuhnya.

Sejatinya, Binluh seperti ini merupakan pengejawantahan Community Policing yang selanjutnya disebut Polmas. Dalam Perkap No. 3 Tahun 2015, Polmas adalah suatu kegiatan untuk mengajak masyarakat melalui kemitraan anggota Polri dan masyarakat, sehingga mampu mendeteksi dan mengidentifikasi permasalahan Kamtibmas dilingkungan serta menemukan pemecahan masalahnya. (Dhi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here