ASN Ikut Pilkada Belum Ajukan Pengunduran Diri, Pengamat: Butuh Persiapan

0
158
Rahmat Effendi bersama Tri Ardiyanto saat berfoto bersama dengan Ketum Golkar Airlangga Hartarto.

KOTA BEKASI (Garudanews.id) – adanya surat pengunduran diri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) terkait posisinya menjadi calon Wakil Walikota Bekasi, mendapat tanggapan langsung pengamat politik dan kebijakan publik Drs. Agus Wahid, M.Si.

Ia mengatakan, memang sudah seharusnya pasangan calon yang maju ke dalam pilkada baik dari anggota TNI, POLRI hingga ASN, harus sesegera mungkin mengajukan surat pengunduran diri.

“Harus mengajukan pengunduran diri sesegera mungkin,” ujarnya, Selasa (9/1).

Menurut dia, hal ini dilakukan berkaitan dengan proses verifikasi kelengkapan data maupun dokumen yang nantinya diserahkan atau diberikan ketikan pasangan calon (Paslon) tersebut mendaftarkan diri ke Kantor Pemilihan Umum Daerah (KPUD).

Pasalnya disetiap KPUD tersebut terdapat peraturan yang diperkuat melalui Undang-Undang untuk setiap ASN yang maju mengikuti pilkada harus lebih dulu mengajukan surat pengunduran dirinya sebagai salah satu kelengkapan persyaratan mengikuti proses selanjutnya.

“Wajib dilakukan karena hal ini salah satu syarat untuk bisa mengikuti proses verifikasi dan mengikuti tahapan selanjutnya,” lanjut pria yang juga menjabat sebagai Staf Ahli DPR RI ini.

Ia berpandangan, jika terdapat salah satu dari paslon yang belum mengajukan surat pengunduran diri tersebut, hal ini dinilainya wajar.

Karena kemungkinan besar paslon tersebut masih menimbang, mengamati dan memperhatikan apakah memang benar dirinyalah yang ditunjuk untuk mendampingi calon pimpinan daerah tersebut.

“Biasanya jika belum menyerahkan, paslon tersebut kemungkinan besar masih dalam tahap mengamati terlebih dan kemungkinan itu bisa terjadi,” jelasnya menambahkan.

Terkait hal itu, dirinya pun melihat adanya penundaan penyerahan surat pengunduran diri tersebut dikarenakan paslon tersebut tengah mempersiapkan dokumen tersebut.

“Sebagai paslon harusnya mereka memberikan pendidikan politik yang beretika kepada masyarakat dan saya melihat jika pun belum menyerahkan, paslon tersebut kemungkinan besar sedang dalam tahapan persiapan penyerahannya,” pungkasnya. (Gir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here