Bambang Soesatyo Dinilai Sosok yang Tepat Duduki Kursi Ketua DPR

0
274
Foto: Ilustrasi

JAKARTA (Garudanews.id) – Politisi senior Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) dinilai sosok yang paling tempat menduduki kursi Ketua DPR menggantikan Setya Novanto (SN) yang saat ini ditahan di Rutan KPK atas dugaan korupsi e-KTP. Hal itu diungkapkan pengamat komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing.

Meurut Emrus, Bambang Soesatyo atau yang sering disapa Bamsoet selama ini dinilai mampu melakukan komunikasi politik yang santun dengan sejumlah elit partai di DPR, selain itu tidak memiliki resistensi yang menonjol baik itu di internal partai maupun kalangan eksternal.

“Kalau Bamsoet saya pikir resistensinya tidak ada. Kenapa saya katakan begitu, karena saat konflik internal Golkar selama ini pernyataan-pernyataannya tidak ada yang muncul sifatnya berfihak kepada salah satu faksi-faksi tertentu. Seperti dalam statmennya tidak pernah menyerang faksi lain,” ujar Emrus menjawab pertanyaan garudanews.id, Rabu, (6/12).

Oleh karena itu, lanjut Emrus, Bamsoet adalah salah satu sosok yang perlu diperhitungkan, untuk menduduki kursi Ketua DPR menggantikan Novanto. “Kalau Airlangga Hartarto, saya menilai lebih pas bila diposisikan sebagai ketua Golkar,” katanya.

Dia pun menyarankan agar posisi Ketua Partai Golkar tidak boleh di gabungkan dengan Ketua DPR.

“Karena tugas Ketua Umum Partai Golkar ke depan akan lebih berat. Karena harus merecovery image yang kurang baik bagi Golkar selama ini. Tentunya, tugasnya pun makin banyak. Dan kalau merangkap jabatan seperti apa yang pernah dilakukan SN selama ini, justru tidak baik. Biarlah Airlangga kalau diberikan kepercayaan memimpin Golkar, sementara Bamsoet memegang jabatan sebagai Ketua DPR,” jelasnya.

Kemudian, lanjut dia, Ketua Komisi III itu dinilai lebih mampu menggandeng fraksi-fraksi yang ada di DPR. Karena komunikasi politik yang dibangun oleh Bamsoet selama ini dinilai lebih cair.

“Terus terang saya sering melakukan komunikasi dengan sejumlah anggota DPR, hampir semua yang saya dengar bahwa Bamsoet adalah tokoh yang ramah dan dapat mengakomodir dan dapat diterima hampir semua fraksi yang ada di DPR,” pungkas Emrus. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here