Berapa Tepatnya Jumlah Air yang Harus Diminum dalam Sehari?

66

JAKARTA (Garudanews.id) – Anda mungkin sudah sering mendengar anjuran atau nasihat untuk minum air sebanyak delapan gelas dalam sehari. Namun, benarkah Anda memang harus minum sebanyak delapan buah gelas? Apa manfaatnya?

Menurut para ahli, persyaratan cairan sangat bervariasi pada setiap orang. Berapa banyak air yang Anda minum dalam sehari tergantung pada hal lainnya. Misalnya, apa saja aktivitas Anda di hari itu, serta makanan, dan minuman yang dikonsumsi.

Dilansir dari self.com, Institute of Medicine merekomendasikan agar perempuan mendapatkan 2,7 liter atau sekitar 11 gelas air dalam sehari. Perbedaan persepsinya adalah semua cairan dihitung sebagai asupan airmu, bukan hanya air putih saja.

Air di sini termasuk secangkir kopi sampai kandungan air dari makanan yang kamu konsumsi. Lebih banyak mendengarkan tubuhmu, minum ketika haus, dan makan ketika lapar. Pilihan terbaik yang bisa kamu miliki adalah air dari buah dan herbal, teh tanpa pemanis, dan air soda.

Beberapa buah dan sayuran dengan kandungan air yang tinggi adalah semangka, mentimun, selada, seledri, tomat, stoberi, jeruk, dan anggur. Namun, berhati-hatilah dengan beberapa makanan dan minuman seperti alkohol dan asparagus, karena membuat Anda mengeluarkan lebih banyak air setelahnya.

Dengarkan tubuh Anda, haus mungkin pertanda Anda sedang dehidrasi. Atau periksa warna urin Anda. Jika urin berwarna kuning muda, ini tandanya Anda mendapatkan asupan cairan yang cukup.

Sebaliknya, jika urin berwarna gelap atau berbau, Anda mungkin membutuhkan lebih banyak asupan cairan. Penting juga untuk terus minum air, terutama saat Anda berkeringat.

Usahakan untuk minum satu sampai dua gelas air sebelum berolahraga dan setengah sampai satu gelas air setiap 15 menit selama olaharaga. Untuk mempermudah kebiasaan minum air yang cukup setiap hari, sebaiknya bawa botol air isi ulang kemanapun Anda pergi. (Sfa)

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan tanggapan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.