Cuaca Buruk, Nelayan Rote Enggan Melaut

0
306
Jublina Tengah (Memakai Jaket) sedang menunggu pembeli.

ROTE NDAO  (Garudanews.id) – Cuaca buruk yang terjadi beberapa hari ini, mengakibatkan nelayan Namondao, Kelurahan Namodele, Kabupaten Rote Ndao, NTT, tidak bisa melaut.  Akibatnya, harga ikan di pasar ikan Ba’a melonjak naik.

Salah satu penjual ikan, Jublina mengatakan, harga ikan yang biasanya berkisaran Rp20 ribu tapi  kini naik hingga sampai Rp50 riibu/kilo.

“Ikan kombong sedang yang biasa dijual  8 ekor Rp20 ribu kini menjadi 2 ekor Rp50 ribu, sedangkan  ikan lusu 5 ekor yang kecil dengan harga Rp50 ribu dan berkurang menjadi 1 ekor sedang menjadi Rp 50 ribu. Dan ikan panjan mandok 2 ekor Rp50 ribu,” ujar Jublina, pedagang di pasar Ba’a, kepada garudanews Jumat, (12/1/2018).

Lebih lanjut, diakui  jublina, meskipun cuaca buruk masih terjadi namun beberap nelayan tetap melaut demi mencari sesuap nasi.

“Ikan yang kami jual di pasar ini kami ambil dari Desa Oeseli kecamatan Rote Barat Daya Sama Pamela, Kecamatan Rote Timur dan Oenggaen Kecamatan Pantai baru yang nelayananya masih tetap melaut,” ungkapnya.

Pantauan garudanews.id di pasar Jslan Pabean Ba’a , banyak pedagang ikan tidak menjual dagangannya karena ikan yang diambil dari para nelayan dengn harga yang sangat melambung.

“Kita jual harga begini karena ,kita juga beli dari orang, maka itu kami jual mahal pak wartawan,” Jublina.

Untuk itu dirinya meminta kepada pihak pemerintah kabupaten Rote Ndao agar memberikan fasilitas yang memadai agar pendapatan dalam menangkap ikan dapat maksimal. (Dance)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here