Daftar Tunggu Jamaah Haji Provinsi Bali Hingga 11 Tahun

3

BALI (Garudanews.id) – Sebanyak 700 orang jamaah calon haji tahun 2017 dari Provinsi Bali, kemarin secara resmi dilepas Gubernur Bali yang diwakili Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta untuk diberangkatkan ke tanah suci.

Setelah pelepasan serta pembekalan, para jamaah calon haji yang terbagi dalam dua kloter yaitu kloter 45 dan kloter 46 akan menuju Embarkasi Surabaya mulai tanggal 10 Agustus secara bertahap sebelum diberangkatkan ke Mekkah.

Dalam pesannya, Gubernur Bali berharap kepada seluruh jamaah agar dapat menjaga nama baik bangsa Indonesia, khususnya nama Bali yang selama ini sudah terkenal akan masyarakatnya yang ramah tamah.

“Setiap agama mengajarkan kepada umatnya tentang kerukunan, persaudaraan serta perdamaian. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama menjaga persatuan antar umat beragama,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Kakanwil Agama Provinsi Bali I Nyoman Lastra mengatakan, tahun 2017 jamaah calon haji yang akan berangkat ke tanah suci mengalami peningkatan 36,72 persen jika dibandingkan dengan tahun 2016.

“Tahun lalu jumlah jamaah calon haji yang akan berangkat sebanyak 512 orang. Tahun ini 700 orang, ini berarti ada peningkatan 36,72 persen,” ucapnya sekaligus menjelaskan dari 700 orang jemaah yang akan berangkat, paling muda berusia 20 tahun, dan yang paling tua berusia 90 tahun.

Nyoman Lastra menambahkan, hingga saat ini, jumlah calon jamaah haji di Bali yang sudah mendaftar sebanyak 11.233. Ini berarti, mereka harus menunggu selama 11 tahun lebih.

“Melihat animo seperti ini, kita berharap Provinsi Bali dapat mempunyai Embarkasi sendiri, karena selama ini kita ikut di Embarkasi Surabaya,” kata Lastra.

Selama sebulan para tamu Allah ini akan berada di tanah suci. Menurut Lastra, para jamaah haji diperkirakan baru akan tiba di Indonesia pada akhir bulan September.(hnn)

 

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan tanggapan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.