Dukung Semangat Rio, Kemenpora Galang Dukungan Dana

0
191
Menpora Imam Nahrawi dalam Solidaritas Merah Putih untuk Rio Haryanto di Auditorium Wisma Menpora Senayan, Jakarta, Senin (07/3) pagi. (raiky/kemenpora.go.id)

GARUDA NEWS | JAKARTA — Dukungan untuk Rio Haryanto berlaga di balapan jet darat Formula Satu (F1) terus di galakkan. Menpora Imam Nahrawi bersama seluruh Pejabat eselon I,II,III,IV, pegawai dan staf di lingkungan Kemenpora menggelar Solidaritas Merah Putih untuk Rio Haryanto di Auditorium Wisma Menpora Senayan, Jakarta, Senin (07/3) pagi.

Menpora dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini adalah upaya untuk menggelorakan semangat berprestasi untuk Rio. “Ini bukan berlebihan karena seiklasnya karena yang di butuhkan Rio adalah dana dari BUMN dan para sponsor. Ini merupakan bentuk semangat nasionalisme untuk melihat anak bangsa berlaga di balap bergengsi F1. Rio akan membawa imbas positif bagi merah putih dan mengajak pemuda semangat berprestasi,” kata Menpora.

Menurutnya, Kemenpora harus memberikan contoh, seperti sebelumnya memulai tes urin anti narkoba, dukungan moral ini pun seiklasnya bukan paksaan dan tidak ada pemotongan gaji PNS. “Rio teruslah berikan yang terbaik kami akan terus dukung juga akan mencarikan dana dari para sponsor, disini kami hanya menjadi jubir Rio agar yg diluar juga membantu untuk perjuangan Rio. Ini juga nantinya tidak hanya untuk Rio untuk atlet lain dan para pemuda yang akan mengibarkan merah putih di even dunia juga akan diperlakukan sama,” ujar Menpora.

“Kemenpar, PT Garuda Indonesia juga memeberikan respon positif, kegiatan ini tidak akan pernah mengurangi jatah atlet lain untuk mengukir sejarah melalui SEA Games, Olimpiade dan lainnya. Ini untuk kepentingan Merah Putih, semoga Allah SWT menggantikan dengan yang lebih barokah,” tambah Menpora.

Pada kesempatan ini diluncurkan pula Nomor rekening untuk Rio haryanto 122.0000.882.012 Bank Mandiri KCP Jakarta Gd. Pusat Kehutanan a.n Rio Haryanto. “Ini adalah pertama kali dan mewakili Asia karena belum tentu kita akan menemukan seperti Rio 20 sampai 30 tahun kedepan, orang seperti Rio tidak banyak di Indonesia karena mungkin hanya ada 20-an saja, kenapa mahal? Karena Rio harus membeli mobil Mercy, membiayai kru minimal 70-orang kru dan berpindah-pindah,” kata Sesmenpora.

Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Sakhyan Asmara selaku panitia penggalangan dana Kemenpora melaporkan hasil galangan dana di lingkungan Kemenpora mulai dari sekretariat, biro, deputi dan skuriti. Jumlah yang berhasil terkumpul per (07/3) dan masih terus mengalir adalah Rp. 262 juta.

Ibunda Rio, Indah Pennywati didampingi manajer Kiki Sport Piers Hunniset merasa gembira dan berterimakasih atas perhatian dan upaya besar dari Kemenpora untuk Rio berlaga di F1. “Kami tidak mengharapkan upaya seperti ini karena Rio tidak bisa menerima dana atau sumbangan dari PNS, karena dana yang dimaksud adalah dari dana sponsor dan dunia usaha, kami berterimakasih atas upaya ini,” katanya.

Penggalangan dana secara iklas ini merupakan bentuk solidaritas untuk ikon kebanggaan bangsa dari Kemenpora. Seperti diketahui untuk tampil di F1 musim 2016 nilai yang harus disiapkan Rio adalah 15 juta euro atau senilai Rp 230 miliar. Rumor tentang potongan gaji pegawai yang telah menyebar dibantah pihak Kemenpora.

Sesuai rencana, Rio akan berlaga di seri pembuka F1 musim 2016, yang akan berlangsung di Sirkuit Melbourne, Australia, 20 Maret 2016 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here