Empat PNS di Sukabumi Terpilih Jadi Kepala Desa

0
486
Ilustrasi

SUKABUMI (garudanews.id) – Ada 4 orang staf Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi yang terpilih menjadi kepala desa (kades) pada perhelatan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak yang digelar pada 22 Oktober 2017 lalu.

“Empat orang PNS yang terpilih menjadi Kades yakni, Asep Mulyadi di Desa Cidadap Kecamatan Cidadap, Baden Supendi di Desa Cipamingkis Kecamatan Cidolog, Baden di Desa Bojong Kecamatan Kalibunder dan Tresna Sundari menjadi Kades di Desa Babakanjaya Kecamatan Parungkuda,”jelas Kabid Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Kabupaten Sukabumi, Mohamad Yunus kepada garudanews.id, Sabtu (4/11).

Lanjut Yunus, otomatis PNS yang ditetapkan menjadi kades bkal cuti dari jbatan fungsionalnya. “Kalau sudah dilantik, mereka lngsung cuti dan dilanjutkan mengabdi sebagai pimpinan di desanya,”tegasnya, sepreti dalam keterangan tertulisnya Humas Pemkab Sukabumi.

Sekda Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri menambahkan, PNS yang menjadi kepala desa diperbolehkan dan telah diatur dalam peraturan daerah. “PNS jadi Kades itu boleh, tapi secara langsung jika terpilih akan dinonaktifkan dari jabatan fungsionalnya di SKPD tempat mereka bertugas,” katanya.

Kata Iyos, gaji pokok tetap akan mereka terima setiap bulannya. Namun untuk tunjangan PNS lainnya tidak akan menerima.

“Kalau gaji pokok tetap mereka terima, tunjangan PNS saja yang tidak akan diberikan,”jelasnya.

Iyos mengaku, dalam perhelatan pilkades tahun ini, antusias PNS cukup tinggi untuk mencalonkan diri sebagai kades.

Sejauh ini, kata Iyos, PNS yang mencalonkan kades tidak lebih dari keinginan untuk pengembangan diri dalam bidang kepemimpinan.

“Biasanya ada yang didorong oleh maayarakat, atau keinginan pribadi untuk mencalonkan. Itu sah-sah saja,” singkatnya.  (ded/muklis)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here