Empat SMK di Indonesia Dijadikan Pilot Project Program Kebun Buah Tanpa Musim

0
308

BOGOR (Garudanews.id) – Ada 4 SMK di Indonesia yang akan dijadikan proyek percontohan (Pilot Project) untuk program dengan konsep kebun buah tanpa musim. Nantinya, SMK lebih asri dan indah, program ini diharapkan mampu meningkatkan status gizi siswa dan meningkatkan produktivitas serta kewirausahaan sekolah.

“Program ini akan dimulai di empat SMK di Indonesia yaitu SMKN Unggul Negeri 2 Banyuasin, Pangkalan Balai, SMKN 1 Tapin Selatan, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan; SMKN 4 Bogor; dan SMK Lampung,”jelas Sekretaris Jenderal Kemendikbud Didik Suhardi saat meresmikan program kerjasama dengan Seameo Biotrop Bogor, Senin (26/2).

Didik mengaku sangat mendukung Seameo Biotrop sebagai bagian dari Kemendikbud untuk menjadi jembatan dalam melakukan transfer ilmu dan teknologi berbasis biologi, sesuai dengan kompetensi Seameo Biotrop: dari perguruan tinggi dan lembaga penelitian ke sekolah-sekolah, khususnya SMK dengan langkah awal yaitu pembangunan kebun buah tanpa musim tersebut.

“Saya harap melalui kegiatan Seameo Biotrop dapat berperan aktif dalam pembangunan pengetahuan dan teknologi yang akan membuat lulusan SMK menjadi wirausahawan dan pekerja menengah yang andal untuk bersama-sama membangun ekonomi Indonesia,” harap Didik.

Pembangunan kebun buah tanpa musim yang sepenuhnya didanai Kemendikbud ini menjadi satu dari beberapa program unggulan Seameo Biotrop sesuai dengan Rencana Pengembangan Lima Tahunan.

Dalam Rencana Pembangunan Lima Tahunan yang ke-10 (2017/2018-2021/2022), Seameo Biotrop memiliki visi ‘Pusat terdepan dalam memperkaya dan mempromosikan nilai nyata biologi tropis di Asia Tenggara. (ded)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here