Evakuasi Korban Gempa,  Tim SAR Fokus di Dompu & Rempek

0
92
Tim SAR saat melakukan operasi pemulihan gempa Lombok

LOMBOK  (Garudanews.id) – Operasi SAR kembali digelar di Dusun Dompu dan Dusun Busur Timur Desa Rempek, Lombok Utara, Minggu (12/8/2018). Di Dompu, tim SAR dengan kekuatan 67 personil dari Basarnas, TNI-Polri, dan potensi SAR lainnya diberangkatkan dari Posko Basarnas di Lapangan Tanjung Kabupaten Lombok Utara.

Mereka masih akan bergulat dengan medan longsor dan tebing setinggi 30 meter yang rawan longsor untuk mencari 4 korban yang dilaporkan dan diduga kuat terkubur di lokasi tersebut. Tim ini akan bertambah mengingat potensi SAR lainnya berangkat dari posko masing-masing. Tim ini juga mendapatkan dukungan 2 unit mesin penyemprot air dari Potensi SAR Majelis Tafsir Alquran (MTA) yang bermarkas di Kota Solo Jawa Tengah.

Sementara di Busur Timur, tim bergerak dengan kekuatan 31 personil. Tim ini juga menghadapi medan yang ekstrim untuk mencari 1 korban, atas nama Saiful Bahri (30), tetangga Jadab (60), yang kemarin siang berhasil dievakuasi tim SAR. Mereka harus berjalan naik dan menuruni jalanan setapak punggungan bukit untuk mencapai lokasi karena akses jalan tertutup longsor. Jarak dari tertutupnya jalan masuk ke dusun tersebut sekitar 3 kilometer.

“Target kami menemukan semua korban dengan segala yang kami punya di sini, kami all out bekerja bersama-sama atas nama kemanusiaan ini,” tegas Direktur Operasi Brigjen TNI (Mar) Bambang Suryo didampingi SAR Mission Coordinator (SMC) I Nyoman Sidakarya.

Dalam operasi ini, peralatan SAR (Palsar) yang dikerahkan meliputi combi tools, K12, chain saw, search cam, senter polarion, hidrolic pump, rescue cutting, karmantel, Alat Proteksi Diri (APD), slink, genset dan alkon serta anjing pelacak. Tim juga membawa peralatan konvensional seperti cangkul, sekop, dan palu. (Edr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here