Fadli Zon : Pencak Silat Cimande Sebagai Pusat Budaya

0
353
Wakil Ketua DPR Fadli Zon bersama jajaran pengurus Pusat Pencak Silat Aliran Cimande ( PPSAC ) di Kp tari kolot, Desa Cimande, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor Jawa Barat, Minggu (26/11).

BOGOR (Garudanews.id) – Wakil ketua DPR – RI Fadli Zon menghadiri acara Deklarasi Re Generasi Pusat Pencak Silat Aliran Cimande (PPSAC) di Kp.Tari Kolot, Desa Cimande, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor Jawa Barat, Minggu (26/11).

Fadli yang juga di dapuk sebagi Dewan Pembina di PPSAC, dalam pidatonya menuturkan, memang seharusnya baik pemerintah juga para pejabat lainnya harus menjadikan aliran Cimande apalagi di kabupaten Bogor menjadi pusat budaya.

“Karena di sini jelas siapa yang menjadi nenek moyangnya, siapa yang menjadi pelatih – pelatihnya di masa lalu serta siapa para kasepuhan yang ada di Cimande, dan saya rasa bukan hanya menjadi pusat budaya pencak silat di kabupaten Bogor saja, tapi juga menjadi pusat pencak silat di tingkat Jawa Barat bahkan di tingkat nasional,” ujar politisi Gerindra ini.

Menurutnya pusat kesejarahan pusat Pencak Silat ada di Bogor adalah di Cimande. Secara hilarki lanjut Fadli kesejarahan memang ada di Cimande kerena termasuk aliran yang paling tua

“Semoga kita bisa memajukan budaya Pencak Silat dengan hal ini aliran Cimande, kita juga bisa melahirkan generasi baru serta mencetak generasi yang kokoh serta berkarakter, hal ini tentu nya menjadi tugas dan tangtangan kita ke depan,” harap Fadli

Sementara itu Kepala Desa Cimande Sudarjat menambahkan PPSAC sebagai wadah untuk semua lingkup seni yang menganut aliran Cimande, ini adalah generasi ke tiga, generasi muda yang notabennya bergerak untuk mempertahankan budaya.

Ketika di tanya apa wacana kegiatan kedepannya, Sudarjat mengatakan pihaknya dalam waktu dekat mengadakan rapat lanjutan PPSAC, yang jelas perguruan silat yang ada di luar yang menganut aliran Cimande akan terkumpul dalam satu wadah yaitu PPSAC.

“Jadi ketika kita keluar seperti ke bandung atau ke daerah Jawa pun yang nanti nya Pencak Silat Cimande punya ciri dengan tercatat dan terdaftar di PPSAC,” ungkapnya

Pihak Pemerintah Desa sendiri pun kata Sudarjat terus melakukan pembinaan sebagai bentuk keseriusan. Karena budaya itu sebagai salah satu yang mempunyai andil besar dalam membentuk karakter dan budi pekerti, sehingga ini menjadi salah satu acuan mendasar untuk menjaga kelestarian budaya dalam mencetak kader bangsa yang kuat sejak usia dini.

“Acara ini pun adalah sebagai acara awal tradisi “NGABUNGBANG” yang akan di laksanakan acara puncaknya minggu depan,” pungkasnya (Apih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here