Gala Desa 2017 Digelar di Pangandaran

0
528
Antusiasme dan harapan tinggi ditunjukkan oleh anak-anak muda yang mampu meramaikan di lapangan Sepak Bola Desa Wonoharjo Kabupaten Pangandaran, Jumat, (29/9).

PANGANDARAN (Garudanews.id) –   Asisten Deputi bidang Sentra Pembinaan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Teguh Raharjo di dampingi  Bupati Pangandaran  Jeje Wiradinata, Kabid Pembinaan PPLM Kemenpora, Jaenal Arifin dan  Kadisdikpora Kabupaten Pangandaran Surman.  secara resmi membuka  Gala Desa 2017 di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat,  pembukaan dilakukan di Lapangan Sepak Bola  Desa Wonoharjo. Jum’at (29/9).

Gala Desa 2017 merupakan salah satu program unggulan Kemenpora yang terus digulirkan dan kini giliran Kabupaten Pangandaran  melakukan pembukaan  Gala Desa 2017, dibawah kepemimpinan Menpora Imam Nahrawi  yang diharapkan mampu membangkitkan semangat berolahraga bagi masyarakat desa di daerah tersebut.

Antusiasme dan harapan tinggi ditunjukkan oleh anak-anak muda  yang mampu meramaikan di lapangan Sepak Bola Desa Wonoharjo  Kabupaten Pangandaran, hadir para perwakilan dari  sembilan puluh tujuh desa yang tersebar di sepuluh kecamatan di ikuti  780 atlet  yang mengikuti acara pembukaan.

Para peserta  yang mengikuti defile atlet Gala Desa 2017, mewakili kecamatan yang terdiri dari berbagai desa, dimana Gala Desa 2017 mempertandingkan  enam cabang olahraga akan dimainkan seperti sepak takraw, sepak bola, bulu tangkis, bola voli, atletik dan tenis meja.

“Sesuai dengan keinginan pemerintah target masyarakat Indonesia yang bugar meningkat Pemerintah melalui Kemenpora bersama sama pimpinanan daerah  menggaungkan program “Ayo Olahraga” yang salah satunya program unggulannya  Gala Desa dimna dengan Harapan masyarakat dapat Bugar sehingga produktifitasnya meningkat,” kata Teguh Raharjo.

Lanjut Teguh, begitu juga dalam hal pembibitan  banyaknya talenta atlit dari daerah Pangandaran yang berbakat dapat di temukan sehingga bisa menjadi atlit ke tingkat Nasional.

“Kami sangat senang melihat antusiasme dari calon atlet Indonesia di masa depan ada di sini. Kami juga senang, melihat potensi mereka, mudah-mudahan tim pencari bakat yang datang bisa menemukan bibit-bibit atlet Indonesia untuk  masa depan bangsa ini, sehingga Dari Gala Desa di Pangandaran dapat menghasilkan atlit atlit berbakat,” jelasnya.

Menurutnya,  tahun depan Pangandaran juga akan di ikutkan pada kegiatan Goes Pesona Nusantara, yang salah satu kegiatannya  menyatukan tanah dan air  di seluruh Indonesia dan  sekaligus untuk menggangkat pariwisata daerah. Selain itu ada piala Kemenpora tingkat pelajar, dan berharap di tiap-tiap kabupaten harus ada mininal punya satu stadion ini merupakan amanat dari undang undang dan arahan dari Presiden RI.

“Kami sebagai Perwakilan dari Pemerintah siap membantu dalam mengupayakan Kabupaten  Pangandaran punya stadion,” janji Teguh di depan para peserta Gala Desa.

Sementara itu,  Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, Gala Desa 2017 benar-benar membantu meningkatkan prestasi para atlit di Pangandaran, upaya yang di lakukan Kemenpora mengadakan Gala Desa di Kabupaten Pangandaran

“Kami apresiasi dan  mengucapkan terimakasih kepada Menpora ,yang sudah memberi  kepercayaan,” katanya.

Menurut dia, sebagai kabupaten yang baru terbentuk pihaknya sedang  merencanakan pembangunan sarana prasarana  olahraga  yang baik yang di rencanakan akan membangun stadion olahraga, dalam  mendukung program “Ayo Olahraga ” yang di canangkan Menpora masyarakat   berolahraga bersepeda.

“Kepada para peserta Gala Desa saya ucapkan  selamat pertanding,” tambahnya.

Sebagai bentuk peran dan tanggungjawab pemerintah  dalam mengembangkan keolahragaan nasional, dirinya berpendapat, perlu dibuat salah satu model yang berbasis pedesaan. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui ajakan “Ayo Olahraga” pada tahun 2017 akan meluncurkan program Gala Desa yang bersinergi dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Seperti diketahui, “Ayo Olahraga” dalam program Gala Desa bersifat kompetisi yang dikemas secara profesional dengan melibatkan berbagai pihak terkait sehingga program ini berdampak secara masif dan mengena diberbagai segmen masyarakat untuk dapat berpartisipasi aktif dalam berolahraga, baik seccara individu atau kelompok. (Lan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here