Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno Resmi Mendaftar ke KPU Jatim

0
373
Pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarno

SURABAYA (Garudanews.id) – Pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarno resmi mendaftar ke KPU Jatim untuk maju menjadi Bakal Calon Gubernur dan Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacawagub) Jatim 2018.

Pasangan yang diusung PKB, PDIP, PKS dan Partai Gerindra ini mendaftar selang 2 jam sebelum masa pendaftaran ditutup. Pasangan itu hadir di KPU Jatim bersama parpol pendukungnya pada pukul 21.30 WIB. “Prosesi pendaftaran bisa dipertanggungjawabkan persyaratan pencalonannya. Kami akan teliti keabsahannya hingga tujuh hari ke depan,” ujar Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito, Kamis (11/1).

Setelah mendaftar, para kandidat ini akan mengikuti tes kesehatan yang dijadwalkan pada 11 dan 12 Januari 2018. Lokasi tes kesehatan jasmani dan rohani kedua pasangan terdaftar itu akan dilakukan di RSUD Dr Soetomo Surabaya.

Dalam pernyataannya, Gus Ipul menyebtu dirinya sebagai agen lanjutan dan pasangannya Puti Guntur sebagai agen perubahan yang sepakat akan membawa Jawa Timur menjadi lebih baik. Dirinya akan mengusung perubahan berkelanjutan untuk Jawa Timur yang makmur.

Dia kemudian menyebut rencana untuk menyelesaikan permasalahan ekonomi, melakukan penanggulangan kemiskinan di Jatim, menangani masalah nilai tukar petani yang belum meningkat, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Sementara Puti Guntur berjanji akan menitikberatkan pada permasalahan pendidikan dan kebudayaan.

Kandidat petahana ini datang ke KPU Jatim diantar oleh ribuan pendukung. Selain nama-nama kader PDIP yang sempat diwacanakan untuk mendampingi Gus Ipul, hadir pula para kepala daerah.

Mereka yang ikut dalam rombongan pasangan ini diantaranya Ahmad Basarah Wasekjen DPP PDI Perjuangan, Tri Rismaharini Walikota Surabaya, Saiful Ilah Bupati Sidoarjo, Kanang Bupati Ngawi, Dewanti Rumpoko dan Punjul Santoso Walikota dan Wakil Walikota Batu dan Timbul Prihanjoko Wakil Bupati Probolinggo.

Seperti diketahui, pasangan ini diusung oleh 4 partai politik dengan jumlah total kursi 58, yaitu PKB 20 kursi, PDIP 19 kursi, PKS 6 kursi, dan tambahan dukungan dari Gerindra 13 kursi. Sebelumnya, pasangan ini sempat mengalami kendala karena mundurnya Abdullah Azwar Anas Calon Wakil Gubernur pendamping Gus Ipul. (red/sk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here