Hardiknas Momentum Penguatan Pendidikan Dan Kebudayaan

0
203
Pejabat (Pj) Wali Kota Bekasi Ruddy Gandakusumah.

KOTA BEKASI (Garudanews.id) – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Pemerintah Kota Bekasi meminta agar pendidikan dan kebudayaan semakin diperkuat kepada siswa.

Hal tersebut diungkapkan langsung Penjabat (Pj) Wali Kota Bekasi, R. Ruddy Gandakusumah, saat menjadi pembina upacara pada peringatan Hardiknas di Alun-Alun Kota Bekasi, agar sekolah mampu membangun karakter dan menguatkan pendidikan serta memajukan kebudayaan di lingkungan sekolahnya.

“Hal ini harus diutamakan, agar siswa kita memiliki karakter yang kuat,” ungkapnya,  Rabu,  (2/5).

Ruddy pada kesempatan itu juga menekankan, bahwa momentum hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tercermin dalam praktik pendidikan yang dilakukan Ki Hajar Dewantara, harus menjadi sebuah gambaran nyata dan ditanamkan secara utuh baik di sekolah maupun kepada individu siswa.

“Yang perlu diingat bahwa momentum ini harus ditingkatkan agar bisa mewujudkan dunia pendidikan yang berkualitas,” katanya.

Ruddy juga mengatakan, sesuai dengan amanat Mendikbud dimana harapan besar masa depan Indonesia bertumpu pada anak-anak bangsa generasi muda.

Untuk itu, dukungan yang perlu diberikan pada anak bangsa untuk menjawab tantangan zaman mencakup tiga komponen, yakni peningkatan kualitas karakter, kemampuan literasi dan kompetensi.

“Mereka membutuhkan kompetensi kemampuan kreativitas, kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah, kemampuan komunikasi serta kemampuan kolaborasi,” jelasnya.

“Kita perlu juga berterima kasih dan mengapresiasi para pendidik serta pejuang pendidikan. Lalu, mari sama-sama kita tetapkan dan berikhtiar untuk memajukan pendidikan. Semoga Allah SWT, melapangkan dan meninggikan serta selalu meridhoi ikhtiar kita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa kita tercinta,” harap Ruddy. (Gir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here