Harga Ayam Mahal Pedagang Pasar Cisarua Mogok Jualan

0
470
Pemandangan yang kumuh dan tidak tertata, beginilah kondisi Pasar Cisarua Kabupaten Bogor Jawa Barat. (ist)

Kabupaten Bogor ( Garudanews.id ) – Awal tahun 2018 hampir semua barang kebutuhan pokok mengalami peningkatan harga. Dari mulai beras, Telur hingga daging ayam.

Hal tersebut tentu membebani masyarakat. Karena rata-rata harga naik 2.000 rupiah per kilo dari harga sebelumnya.

Menyikapi kenaikan harga daging ayam, puluhan pedagang daging ayam di Pasar Cisarua, hari ini ( Minggu, 14/01 ) melakukan aksi mogok jualan.

Mereka menuntut perusahaan yang mengatur distribusi ayam menurunkan harga. Saat ini harga jual yang di patok antara 37.000-40.000 per kilo.

Ketua Paguyuban Pedagang Dan Suplier Ayam Pasar Cisarua, Muhsin mengatakan aksi mogok jualan ini dilakukan agar perusahaan yang mengatur harga ayam menurunkan harga antara dua hingga tiga ribu rupiah perkilo.

” Saat ini harga jual ayam di patok antara 37-40 ribu. Banyak masyarakat keberatan dengan harga segitu. Apalagi sekarang sudah selesai masa libur tahun baru. Mestinya juga kembali ke harga 33-35 ribu per kilo. Jika tidak kami akan terus melakukan aksi mogok jualan” ujarnya.

Aksi mogok jualan ini dilakukan oleh pedagang pasar Cipanas dan Pasar Cisarua, hingga harga turun kembali.

Saat ini kebutuhan ayam di Pasar Cisarus sehari mencapai 12 ton. Hal tersebut disampaikan Rahmat, salah satu anggota Paguyuban Pedagang Ayam.

” Kebutuhan di Pasar Cisarua per hari mencapai 12 ton. Jika pedagang mengambil ayam dari suplier maka harga akan tinggi. Kita harapkan kedepan paguyuban bisa punya DO sendiri. Sehingga bisa langsung beli ayam ke kandang” tuturnya.

Jumlah anggota Paguyuban Pedagang Ayam di Pasar Cisarua mencapai 80 orang. Tidak ada satu pun pedagang yang berjualan hari ini.

Entin, Salah satu warga yang akan membeli ayam mengaku kecewa saat tidak bisa mendapatkan ayam yang akan di pakai acara.

” Ini tidak ada yang jualan daging ayam trus gimana. Mana mau di pakai lagi ( daging ayam ) nya. ” ujarnya kesal.

Entin berharap pemerintah segera turun tangan sehingga harga ayam turun dan kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi .

” Pemerintah tolong dong perhatikan. Kalau begini kan yang repot masyarakat” imbuhnya. cj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here