Harga Bawang Merah di Medan Kembali Mengalami Kenaikan

47

Medan (Garudanews.id) –  Diduga dioicu adanya keterbatasan pasokan dari petani, harga bawang merah di Kota Medan, Sumatera Utara, kembali melambung. Sepekan terakhir, harga bawang merah dipasarkan di harga Rp30.000 perkilogram. Bahkan, di tingkat eceran harga melonjak sampai Rp40.000 perkilogram.

Di Pusat Pasar Medan, bawang merah ini dipasarkan di harga Rp30.000 perkilogram, sedangkan di Pajak Kampung Durian dipasarkan di harga Rp 40.000 perkilogram.

Dikatakan, pedagang Pusat Pasar Medan, Ciami, sebelumnya, harga bawang merah ini masih ada yang dipasarkan di harga Rp25.000 hingga Rp 30.000 perkilogram. Namun, sepekan terakhir harga kembali merangkak naik.

Begitu juga pedagang di Pasar Kampung Durian, Cukin, mengatakan sepekan terakhir harga bawang merah kembali melambung.

“Sekarang kita jual bawang merah Rp40.000 sekilo untuk eceran. Harga ini untuk bawang dari Jawa. Kita biasanya ada juga bawang lokal, tapi sekarang tidak hanya pasokan bawang dari Jawa yang kurang, tapi juga bawang lokal seperti Samosir kurang,” ujarnya.

Akibat mahalnya bawang merah ini juga berimbas pada permintaan konsumen. Biasanya, ketika harga bawang di harga Rp 20.000 perkilogram dalam satu hari bisa menghabiskan 10 kg.

“Namun sekarang ini, baru habis tiga hari,” ujarnya.

Di sisi lain, distributor bawang di Pusat Pasar Medan D Hutabarat mengatakan kenaikan harga bawang ini disebabkan pasokan bawang yang minim, sementara suplai tidak mampu memenuhi permintaan.

“Iya, bawang merah naik lagi, sekarang sudah Rp 30.000 perkg. Ini sudah sepekan terakhir ini,” pungkasnya. (Kel/WE)

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan tanggapan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.