Hebat, Desa Ini Buat BUMDes Wisata Alam Arung Jeram

0
384
Arung Jeram (Ilustrasi)

BOGOR (Garudanews.id) – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Rancabungur Kecamatan Rancabungur Kabupaten Bogor gandeng pemuda Karang Taruna Tunas Muda membuat secara swadaya ‘Desa Wisata Arung Jeram’ di wilayah desanya.

Lokasi wisata arum jeram yang berdiri diatas lahan seluas 1,5 hektar ini dilengkapi beberapa fasilitas seperti, rumah pohon dan lainnya. Dan konsep yang diterapkan yakni, di alam terbuka agar wisatawan dapat merasakan langsung keharmonisan alam di lokasi tersebut.

“Sebenarnya wahana yang dikelolanya masih dalam proses pengerjaan dan secara resmi belum diluncurkan ke masyarakat luas. Tapi sejak 27 Januari 2018 lalu, lokasi ini sudah mulai dikunjungi banyak wisatawan,” jelas Ketua BUMDes Rancabungur Mandiri Bersama, Endah kepada garudanews.id, Jum’at (6/4).

Terpisah, Kepala Desa Rancabungur, Sumantri berharap dengan adanya desa wisata dapat meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) agar menjadi desa yang mandiri.

“Desa wisata ini dikembangkan selain untuk mendongkrak perekonomian masyarakat setempat juga meningkatkan kunjungan wisatawan dan melestarikan seni budaya Sunda,” harap Sumantri.

Lanjut dia, untuk penyertaan modal BUMDes DD tahun 2018 akan di anggarkan Rp 200 juta agar lokasi desa wisata semakin menjadi daya tarik wisatawan. (ded)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here