Inilah Profil Rektor Baru UT Priode 2017-2021

0
1923
Prof. Drs. Ojat darojat, M.Bus., Ph.D.

JAKARTA (Garudanews.id) –  Sederhana tapi tetap necis dan terkesan sebagai akademisi. Dialah Prof. Drs. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D.,  mengawali kariernya sebagai PNS di Universitas Terbuka pada tahun 1991 setelah beliau lulus sarjana Pendidikan Dunia Usaha dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dan lulus Th. 1990. Ojat Darojat, sebuah  nama yang sering menghias pada halaman depan bahan ajar (modul) di Universitas Terbuka. Di samping menekuni dunia pendidikan, Ojat Darojat juga bergelut di bidang ilmu manajemen bisnis. Wartawan garudanews menyajikan untuk Anda tentang figur pimpinan Universitas Terbuka yang dilantik pada Rabu, 26 Juli 2017.

lahir di kota Sumedang, Provinsi Jawa Barat pada 26 Oktober 1966, Ojat Darojat adalah dosen pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan FKIP-Universitas Terbuka. Beliau menamatkan Program Doktor pada Simon Fraser University (SFU) – Canada pada spesialisasi Curriculum theory and implementation, lulus Th. 2013 dengan penelitian desertasi Quality assurance in distance teaching universities: A comparative study in Indonesia, Thailand, and Malaysia. Sedangkan Program Magister, konsentrasi pada Business Management dari LaTrobe University – Australia, lulus Th. 2000.

Sebelum beliau dipercaya dalam jabatan rektor Universitas Terbuka pada tahun 2017, Prof. Drs. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D.,  secara berturut-turut beliau pernah menduduki beberapa jabatan, di antaranya pada 2016-2019 sebagai Ketua Lembaga Pengembangan Bahan Ajar, Ujian, dan Sistem Informasi (LPBAUSI); 2014 – 2015: Kepala Pusat Jaminan Kualitas (PUSMINTAS); 2007 – 2009 Kepala UPBJJ-UT Bogor; 2003 – 2006: Pembantu Dekan III pada FKIP-UT; 2001 – 2002: Ketua Jurusan Pendidikan IPS – FKIP-UT; dan pada 1996 – 1997 ketika beliau masih sangat muda telah dipercaya sebagai Ketua Program Studi D II IPS pada FKIP-UT.

Pengangkatan beliau sebagai Rektor Universitas Terbuka menggantikan Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed, Ph.D yang mengakhiri masa jabatannya karena sudah dua kali menjabat sebagai rektor. Di kalangan teman-teman sekampusnya, Ojat dikenal sebagai aktivis di kampus dan setelah menjadi PNS, aktivitas itu tetap berlanjut setelah menjadi pegawai di UT. Masa kuliah di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), beliau dipercaya sebagai Kepala Bidang Kesejahteraan Himpunan Mahasiswa Dunia Usaha (HIMADU) FPIPS – UPI Bandung, ketika mendapat kesempatan kuliah magister di Australia, Ojat juga dipercaya sebagai Ketua Persatuan Pelajar Indonesia Australia (PPIA) Cabang Bendigo – Victoria Australia, bahkan dalam dunia akademik, hingga sekarang beliau sebagai reviewer jurnal internasional terindex Scopus dan masih ada beberapa kegiatan akademik lain yang hingga saat ini terus diikutinya.

Menurut catatan penulis, Prof. Drs. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. telah banyak berpartisipasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan baik dalam kegiatan sebagai narasumber pada seminar nasional dan internasional maupun menulis buku-buku ilmiah. Dalam kegitan seminar, tidak kurang dari empat puluh kali sebagai nara sumber yang banyak bertemakan tentang pendidikan jarak jauh (open and distance learning), kurikulum (Improving curriculum), jaminan mutu (quality assurance), manajemen untuk suatu organisasi yang terpusat pada kualitas (Total Quality Management), model-model pembelajaran dan lain sebagainya. Sedangkan penulisan buku bahan ajar sekitar sepuluh buku yang telah diterbitkan UT baik sendiri maupun tulisan yang berkolaborasi dengan koleganya.
Prof. Drs. Ojat darojat yang dikenal sangat supel, familier dan enak diajak diskusi, kini dilantik sebagai rektor Universitas Terbuka, periode tahun 2017-2021. Menelisik prestasi yang pernah diraihnya, terdapat beberapa penghargaan yang pernah beliau terima, baik dari tingkat nasional maupun internasional.

Sederet penghargaan pada peringkat nasional adalah: 1998 – 2000 sebagai penerima beasiswa PGSM Project – Dikti; 1988 – 1990 sebagai penerima beasiswa Super Semar; 1996 sebagai Pegawai UT Berprestasi Terbaik kedua; 1990 sebagai lulusan terbaik Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) Universitas Pendidikan Indonesia. Dan ketika masa remaja, tahun 1985 beliau dinobatkan sebagai lulusan terbaik kedua SMA Negeri 2 Sumedang.

Sedangkan penghargaan peringkat internasional diberikan kepada Ojat dari berbagai lembaga/negara antara lain, 2013 Travel Awards for the Annual Bank Conference on Development Economics the World Bank Development Economics vice Presidency; 2013 Knowledge Sharing Forum Awards for JJ/WBGSP 2013 – the World Bank; 2012 Knowledge Sharing Forum Awards for JJ/WBGSP 2012-the World Bank; 2011 Travel and Minor Research Awards, Simon Fraser University; 2010 Japan Indonesia Presidential Scholarship – the World Bank.
Inilah sekilas tentang sosok Prof. Drs. Ojat darojat, M.Bus., Ph.D, teriring harapan semoga dengan pelantikan beliau sebagai rektor Universitas Terbuka Periode 2017-2021, dapat mewarnai wajah dunia pendidikan Indonesia ke arah yang lebih maju sehingga mempercepat laju perkembangan anak bangsa.

Teriring do’a semoga kontrak program kerja yang dipresentasikan ketika pemilihan rektor UT, Prof. Ojat Darojat berkomitmen untuk membawa UT melesat lari mengikuti perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta konsisten untuk menjadi pemimpin yang amanah dan terus berupaya meningkatkan kualitas SDM-UT baik yang ada di pusat terlebih lagi yang ada di daerah Unit Program Belajar Jarah jauh (UPBJJ) yang tersebar di seluruh tanah air termasuk UPBJJ luar negeri. Pada era persaingan Masyarakat Ekonomi ASEAN saat ini, Pemimpin Universitss Terbuka memiliki tanggung jawab dan peran yang penting untuk meningkatkan kualitas institusi UT, di antaranya memperbanyak jumlah publikasi ilmiah serta mendorong staf baik dosen maupun tenaga administrasi untuk studi lanjut. Berdasarkan data publikasi yang ada, bahwa jumlah publikasi ilmiah Perguruan Tinggi Indonesia saat ini berada pada nomor 4 di kawasan Asia Tenggara, setelah Malaysia, Singapura dan Thailand padahal jumlah Perguruan Tinggi di Indonesia kurang lebih 4500. Terkait dengan kepemimpinan Prof. Ojat Darojat, diharapkan UT yang merupakan Perguruan Tinggi Negeri ke 45, bisa lebih produktif dalam menerbitkan publikasi ilmiah yang berkualitas dan menciptakan berbagai inovasi serta melaksanakan tata kelola Perguruan Tinggi Negeri yang baik sehingga dapat menjadi teladan publik.
Selamat dan Sukses, Semoga Tuhan yang Maha Kuasa, Allah Swt senantiasa menunjukkan ke jalan yang benar dan diridloi. Aamiin.

Oleh: Dr. S. Adi Suparto, M.Pd. (Pengamat Kebijakan Publik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here