IPM Barometer Dalam Mengukur Kesejahteraan Kota Depok

0
302
Sekretaris Dinas Pendidikan (Sekdisdik) Kota Depok, Tinte Rosmiati usai membuka Musyawarah Kepala Sekolah dan Bendahara se-Kecamatan Tapos di salah satu hotel kawasan Cipayung Bogor Jawa Barat, Rabu (20/12).

DEPOK (Garudanews.id) – Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebagai barometer atau tolak ukur dalam mengukur tingkat kesejahteraan Kota Depok.

“Tolok ukur utama yang digunakan dalam mengukur kesejahteraan daerah adalah IPM, maka Tahun 2016, IPM Kota Depok mencapai 79,60. Nilai ini naik jika dibandingkan tahun 2015 yaitu 79,11. Hal ini membuktikan prestasi dari masyarakat Kota Depok dan keberhasilan pembangunan di Kota Depok,” ujar Sekretaris Dinas Pendidikan (Sekdisdik) Kota Depok, Tinte Rosmiati kepada garudanews.id usai membuka Musyawarah Kepala Sekolah dan Bendahara se-Kecamatan Tapos di salah satu hotel kawasan Cipayung Bogor Jawa Barat, Rabu (20/12).

Lanjut Tinte,  dalam konteks Kota Depok, pencapaian angka IPM tersebut didukung beberapa faktor, yaitu tingginya Angka Harapan Hidup (AHH), Rata-rata Lama Sekolah (RLS) mengalami peningkatan yaitu 11,72 tahun.

“Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata penduduk Kota Depok berumur 25 tahun ke atas mengenyam pendidikan 11 tahun atau setara dengan kelas 2 SMA. Ini memperlihatkan sumber daya manusia Kota Depok semakin potensial dengan tingkat pendidikan atau rata-rata lama sekolahnya,” ungkapnya.

Sedangkan untuk Harapan Lama Sekolah (HLS) sebesar 13,86, artinya penduduk Depok diharapkan dapat bersekolah selama 13,86 tahun atau setara Diploma I.

“Selain nilai IPM yang semakin baik, tingkat kemiskinan Kota Depok dalam lima tahun terakhir terus mengalami penurunan dari 2,75 tahun 2011 menjadi 2,4  persen pada tahun 2015. Begitu pula angka pengangguran, mengalami penurunan dari 10,29 persen tahun 2011 menjadi 7,48 persen tahun 2015.

“Hal ini merupakan prestasi dari hasil kerja sama semua stakeholders dalam upaya menurunkan kemiskinan di Kota Depok,” tambahnya. (ded/klis).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here