Jokowi: Penyandang Disabilitas Harus Semangat Menorehkan Prestasi

0
239
Dok.Red

BEKASI, (Garudanews.id) – Penyandang Disabilitas sering kali mendapatkan perlakuan diskrimasi dari lingkungan sekitar. Diskrimansi tersebut terkadang membuat para difabel merasa terpinggirkan dan malu untuk membaur ditengah masyarakat. Dalam rangka memperingati hari Disabilitas Internasional, Kementerian Sosial menggelar Hari Disabilitas Internasional yang di gelar di halaman parkir Mall Summarecon Bekasi, Senin (3/12).

Seperti diketahui, Sejak tahun 1992 setiap tanggal 3 Desember diselenggarakan peringatan Hari Disabilitas Internasional atau the United Nations International Day of Persons with Disabilites/ UN IDPD) yang didasarkan pada Resolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa 47/3 pada tahun 1992.

Peringatan tersebut juga sebagai mengambangkan pembelajaran kepada masyarakat akan pentingnya mengetahui persoalan-persoalan terkait dengan penyandang disabilitas. Dalam kegiatan itu, hadir Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Anggota DPR RI Komis IV, Ketua Perhimpunan Penyandang Disabilitas Gufron, Walikota Bekasi Rahmat Effendi serta para difabel dari berbagai kota.

Dalam sambutannya, Jokowi bahwa penyandang Disabilitas bukan menjadikan alasan untuk tidak dapat berprestasi. Ia mengapresiasi beberapa atlit disablititas yang berprestasi dalam bidang olah raga dan bidang lainnya.

“Selain dibidang olah raga, banyak sahabat dan saudara kita yang berprestasi di bidang lain. Agar yang lain dapat mengikuti dan mempunyai semangat yang sama, mereka itu menjadi sumber inspirasi bagi kita semua warga negara indonesia,” kata Jokowi.

Ia juga berpesan kepada para penyandang disabilitas dan msyarakat pada umumnya untuk tetap berprestasi dan berinovasi dalam meraih prestasi yang ada.

“Prestasi tersebut, saya pastikan bisa terjadi karena semangatnya, kerja kerasnya,” tambahnya.

Jokowi kembali menambahkan bahwa penyandang disabilitas untuk tetap bersemangat dalam mengenyam pendidikan, serta rasa percaya diri yang tinggi dalam menorehkan prestasi.

“Semangat-semangat seperti ini yang harus kita tumbuhkan, semangat seperti ini yang harus kita terus tingkatkan,” pungkasnya.

Diketahui, pada 4 tahun yang lalu, Presiden Jokowi pernah mengusulkan pabrik untuk para penyandang disabilitas. Namun, hingga saat ini realisasi pabrik khusus difabel tersebut masih terkendala dengan lahan yang belum tersedia. (Mam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here