Kabupaten Rote Ndao Dilanda Kekeringan, Warga Berebut Air Bersih

0
108
Sejumlah warga saat mengantri pengambilan air. Foto: Dance)

ROTE NDAO (Garudanews.id) –  Musim kemarau yang berkepanjangan mengakibatkan sumur warga Desa Daleholu Kecamatan Rote Selatan Kabupaten Rote Ndao harus mencari sumber air yang letaknya jauh dari pemukiman warga.

Akibatnya dua desa seperti desa Dodaek, dan desa Dodaek harus mencari air ke desa Daleholu.  Dimana letak diantara dua desa tersebut cukup jauh.  Tapi apa boleh dikata,  demi untuk mendapatkan sumber kehidupan tersebut warga rela mencarinya.

Selain itu, kurangnya kepedulian pemerintah daerah dalam menghadapi musim kemarau membuat warga masyarakat berebut air bersih yang di muat oleh salah satu dam truk. Bahkan, pengemudi truk sempat dibuat kewalahan atas reaksi dari para ibu yang memang sedang membutuhkan air untuk keperluan memasak.

Atas peristiwa tersebut sejumlah netizen pun angkat bicara soal kekeringan dan reaksi kaum ibu yang berebut air. Seperti dikeluhkan oleh pemilik akun facebook atas nama Semuel Sinlae.

Ia  memposting beberapa foto truk kayu miliknya mengangkut ratusan jerigen yang sudah terisi air bersih.

Para warga dari dua desa tersebut tampak sangat antusias ketika kendaraan truk kayu  mengantar air bersih. Terlihat warga masyarakat dengan penuh semangat mendatangi atau mengerumuni kendaraan pengangkut air.

“Mereka tanpa basa-basi lagi, warga langsung mengambil  jerigen yang sudah terisi air bersih tersebut ke rumah mereka masing-masing. Warga membutuhkan air bersih untuk mandi, mencuci serta memasak, karena sudah beberapa bulan ini tidak ada hujan, sedangkan dua desa tersebut memang rawan kekeringan setiap tahunnya,” ujar dia melalui postingannya.

Salah satu warga, yang tidak mau menyebutkan namanya mengatakan desanya sudah mengalami kekeringan sejak beberapa bulan yang lalu. “Sudah lebih dari dua bulan di sini mengalami kekeringan, untuk keperluan sehari-hari saya harus mencari air ke sumber air yang jauh dari rumah,” ujarnya. (Dance)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here