Kegiatan Peduli Lingkungan, Prajurit TNI Pelopori Penanaman Mangrove

0
222
Sejumlah jajaran TNI/Polri saat menenanam Mangrove di pantai Ba'a.

ROTE NDAO (Garudanews.id) –  Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap lingkungan yang ada di wilayahnya, sejumlah jajaran Kodim 1627/Rote Ndao bekerja sama dengan Kepolisian, KNPI Kabupaten Rote Ndao melaksanakan penanaman pohon mangrove di Pantai Pelabuhan Ba’a Kel. Namodale Kec. Lobalain. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kasdim 1627/Rote Ndao Mayor Inf Kasim dan diikuti oleh kurang lebih 65 orang anggotanya.

Mayor Inf Kasim  mengungkapkan, prajurit TNI/POLRI bersama masyarakat mempelopori penanaman pohon mangrovesebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan khususnya dalam upaya mencegah abrasi pantai menjadi tanggung jawab kita bersama.

Kasdim 1627/Rote Ndao Mayor Inf Kasim mengatakan, kegiatan penghijauan ini terlaksana berkat kerja sama KNPI Kabupaten Rote Ndao dan Kodim 1627/Rote Ndao.

“Penanaman secara simbolis dilakukan oleh Lurah Namodale Kec. Lobalain Kab. Rote Ndao dilanjutkan Kasdim 1627/Rote Ndao, Kapolsek Lobalain bersama Masyarakat Namodale sebagai wujud kebersamaan TNI-Polri dan Masyarakat demi menciptakan lingkungan yang hijau dan aman dari bahaya abrasi pantai,” ujarnya.

Menurutnya mangrove memegang peranan penting dalam melindungi lingkungan.

“Tujuan Penanaman Mangrove ini juga melindungi daratan dari abrasi, mengontrol intrusi air laut, dan yang terpenting sebagai tempat pemijahan ikan, udang, kepiting juga biota laut lainnya,”ungkap Kasdim.

Sementara itu Danramil 1627-01/Ba’a Mayor Inf I Ketut Suwitra Jaya, S.Pd menyampaikan, dengan kondisi demikian, diperlukan upaya khusus untuk menjaga kelestarian mangrove. “Rehabilitasi dan Konservasi menjadi salah satu upaya konkrit selain upaya meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap mangrove,”ucapnya.

“Mari selamatkan dunia. Tanam sebanyak-banyaknya Mangrove, implikasinya setiap hari kita panen air, tapi tidak kebanjiran dan tidak kekeringan,”tutur Danramil 1627-01/Rote Ndao. (Dance)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here