Ketahui Risiko Sering Membunyikan Sendi

0
87

SINGAPURA (Garudanews.id) – Kreeeekkk!!! Demikian yang sering kita dengar ketika ada orang yang membunyikan sendi-sendinya. Kebiasaan membunyikan persendian tangan atau pinggang mungkin juga salah satu yang sering kita lakukan. Setelah sendi berbunyi, badan rasanya jadi lebih lega.

Akan tetapi, amankah kebiasaan ini? Benarkah membunyikan persendian bisa memicu sakit tulang? Dokter Robert Shmerling dari Harvard Health Publishing memberi penjelasannya.

“Membunyikan persendian adalah kebiasaan umum yang dilakukan banyak orang. Kegiatan itu bisa jadi bentuk rutinitas atau bisa juga sebagai cara merilis ketegangan,” kata Shmerling dilansir Channel News Asia.

Menurut Soumen Das De, Associate Consultant di Hand & Reconstructive Microsurgery Centre National University Hospital, bunyi tersebut berasal dari gelembung udara yang berada di persendian. Namun, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari kebiasaan ini. “Tidak ada bukti membunyikan sendi meningkatkan risiko degenerasi tulang dan osteoartritis,” ungkap Das De.

Walau demikian, bukan berarti kita bisa sesukanya membunyikan sendi-sendi tubuh. Ringo Yee, Kepala Fisioterapis di Tan Tock Seng Hospital, mengatakan kebiasaan tersebut menyimpan potensi cedera.

Cedera bisa terjadi pada jaringan lembut, ligamen, atau struktur di sekitar sendi termasuk pembuluh darah. “Biasanya gejala awal adalah munculnya rasa sakit. Selanjutnya diikuti tanda-tanda lain seperti pembengkakan,” katanya.

Jika kita sering membunyikan persendian tertentu misalnya bagian punggung untuk mengurangi rasa sakit, maka sebaiknya perlu lebih berhati-hati. Alasannya tertuang dalam hasil riset yang dimuat di Journal of the American Medical Association. Riset itu menemukan sakit punggung bagian bawah yang dicoba dikurangi dengan membunyikan sendi tidak akan menyembuhkan. Kebiasaan itu hanya akan membuat punggung lebih enak sementara. (Rep/Sfa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here