KPUD Helat Jalan Sehat Gerakan Sadar Pemilu

0
115
Ratusan masyarakat dari berbagai elemen mengikuti jalan sehat gerakan sadar Pemilu yang dihelat oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah ( KPUD) Kota Bekasi di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Minggu (29/10)

KOTA BEKASI (Garudanews.id) – Ratusan masyarakat dari berbagai elemen mengikuti jalan sehat gerakan sadar Pemilu yang dihelat oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah ( KPUD) Kota Bekasi di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Minggu (29/10). Kegiatan tersebut di buka langsung Sekertaris KPU RI, Arif Rahman di halaman parkir Bakso Lapangan Tembak Senayan Kota Bekasi. Dalam sambutannya, Arif Rahman mengatakan, bahwa KPUD Kota Bekasi harus melayani semua warga masyarakat, partai politik terkait pelaksanaan Pilkada serentak pada 27 Juni 2018 mendatang.

“Sesuai arahan Ketua KPU RI bahwa KPUD harus melayani semua unsur masyarakat dan partai politik. Harus bekerjasama dengan seluruh seteakholder. Adil setara harus mandiri. Harus akuntabel, jujur, adil dan siap melayani. Penyelanggara Pemilu juga harus pastikan semua warga yang punya hak pilih dapat menyalurkan suaranya . Yang belum terdata harus di data. Penyelenggaraan Pemilihan Walikota harus di upayakan dapat dukungan semua setaekholder dan berkoordinasi dengan semua unsur masyarakat,” ungkap Arif saat membuka jalan sehat gerakan sadar Pemilu di halaman parkir Bakso Lapangan Tembak Senayan Kota Bekasi.

Lanjut Arif, pihaknya juga berharap agar semua partai politik dapat membantu melakukan sosialisasi pada masyarakat  dan kader partai. Pada Pilkada Walikota – Wakil Walikota, Gubenur – Wakil Gubenur juga harus di tingkatkan partisipasi pemilih salah satu caranya adalah melakukan sosialisasi sejak awal. Pemilukada serentak diharapkan dapat menghasilkan pemimpin yang berpihak pada rakyat.

“Ada 171 daerah yang akan melakukan Pemilu serentak, dan hari ini merupakan pencanangkan gerakan sadar Pemilu melalui jalan sehat.Tahun ini merupakan tahapan untuk Pilkada, dan tahapan Pemilu Nasional 2019. Kita akan laksanakan serentak pada 27 juni 2018 mendatang dan kita akan laksanakan Pemilu Nasional DPRD, DPRRI, DPD dan Pemilihan Persiden pada 17 April 2019,” ujarnya.

Gerakan sadar Pemilu di canangkan serentak pada tanggal 29 oktober 2017, menurut Arif, kegiatan ini bertujuan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilukada yang di laksanakan secara langsung. Partisipasi politik di buka seluas-luasnya untuk memilih pemimpin yang berintegritas, karena saat ini otonomi daerah sehingga harus dapat kepercayaan dan dukungan rakyat. Sedangkan Pemilu serentak gelombang ke tiga yakni 171 daerah terdiri dari 17 Provinsi ,39 Kota dan 115 Kabupaten.

“Pilkada kali ini akan terasa suhu politik lebih hangat, karena berdekatan dengan Pilpres. Maka penyelenggara harus profesional, integritas, adil dan pelayanan setara bagi semua masyarakat. Harus memberikan pelayanan maksimal pada masyarakat,” pungkasnya. (Adi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here