Lima Teknik Yoga Wajah Tangkal Penuaan Dini

0
119
wajah berseri

JAKARTA (Garudanews.id) – Penuaan dini adalah permasalahan wajah yang paling ditakuti oleh banyak perempuan. Tidak sedikit perempuan yang akhirnya pergi ke klinik kecantikan dan mengeluarkan uang banyak untuk menjalani perawatan mahal.

Tanpa disadari, perawatan antipenuaan sebenarnya bisa dilakukan secara mandiri di rumah. Hal ini juga yang dilakukan oleh Duchess Sussex Meghan Markle melalui yoga wajah untuk menangkal tanda-tanda penuaan, seperti kulit kendur hingga keriput.

“Yoga wajah bekerja pada lapisan kulit hipodermis atau lapisan terbawah kulit, dermis atau lapisan tengah dan epidermis lapisan paling atas kulit,” kata ahli yoga wajah Danielle Collins dikutip dari Marie Claire.

Menurut Danielle, yoga wajah dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga membantu lebih banyak nutrisi dan oksigen yang sampai pada sel-sel kulit. Hasilnya tentu saja kulit menjadi lebih sehat bercahaya dengan jumlah racun yang berkurang. Selain itu kulit memiliki kemampuan lebih dalam menyerap kelembaban.

Prinsipnya, gerakan yoga wajah sama halnya dengan pijatan-pijatan wajah pada umumnya. Hanya saja, gerakan yoga wajah dirancang menstimulasi kolagen dan meningkatkan produksi elastin pada lapisan kulit tengah. Dua komponen inilah yang membuat wajah menjadi lebih lembut dan kencang sekaligus.

Danielle merekomendasikan latihan yoga wajah dilakukan selama 20 menit sebanyak enam kali seminggu. Jika rutin dilakukan, latihan yoga wajah ini akan memperlihatkan hasilnya hanya dalam waktu dua pekan.

Berikut lima teknik yoga wajah yang disa dilakukan secara mandiri di rumah.

Mengatasi kerutan di ujung mata (crow’s feet) dan kelopak mata turun

Langkah pertama, gunakan jari tengah untuk memberi tekanan pada sudut alis mata bagian dalam. Kemudian, beri pijatan dari sudut alis mata bagian dalam ke arah sudut alis mata bagian luar menggunakan jari telunjuk.

Kedua, arahkan pandangan mata ke langit-langit rumah, lalu tarik kelopak mata paling bawah ke arah atas kemudian rileks. Lakukan gerakan tersebut lebih kurang sebanyak enam kali dan akhiri dengan menutup mata selama 10 detik.

Mengencangkan pipi dan kulit kendur

Pertama buat gerakan bibir mulut membentuk ‘O’ tanpa kelihatan gigi. Kemudian, buat senyuman yang lebar dengan gigi tetap tersembunyi. Ulangi gerakan sebangak enam kali.

Selanjutnya, buat gerakan senyum pada bibir dan letakkan salah satu telunjuk di dagu. Lalu buat gerakan naik turun pada rahang secara perlahan. Rileks dan lakukan sebanyak dua kali.

Menghilangkan garis horizontal di dahi

Pertama, letakkan kedua tangan di tengah dengan posisi tangan menyamping dan jari-jari tersusun diantara alis dan garis rambut. Lalu, buat gerakan menekan pada dahi sambil menariknya ke bagian terluar dahi. Rileks dan ulangi 10 kali.

Mengatasi mata cekung dan alis kendur

Letakkan jari telunjuk di bawah masing-masing mata dengan posisi menyamping. Buat gerakan naik turun di area bawah mata dan beri sedikit tekanan. Arahkan mata dan kelopaknya ke langit-langit, lalu tahan selama 30 detik.

Mengencangkan kulit bagian leher

Pertama, letakkan ujung-ujung jari kedua tangan pada bagian dasar leher, kemudian secara perlahan lakukan gerakan menarik ke arah bawah dengan kepala dalam posisi mendongak.

Lalu gerakkan kepala ke bawah mengarah ke dada dan lakukam sebanyak dua kali. Terakhir, lakukan gerakan menarik pada bibir bagian bawah sejauh mungkin dan tempatkan ujung-ujung jari pada tulang leher dengan dagu menarik ke atas. Lakukan sebanyak empat tarikan nafas. (Rep/Sfa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here