Maraknya Hoax Orang Gila Serang Ulama, 89 Orang Gangguan Jiwa Diamankan Polres Bogor

0
357

Kabupaten Bogor ( Garudanews.id ) – Maraknya isu yang meresahkan masyarakat terkait penyerangan kepada Tokoh Agama yang dilakukan oleh Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Polres Bogor melakukan tindakan cepat untuk menjawab isu yang beredar tersebut.

Kapolres Bogor, AKBP Andi Moch Dicky P.G., S.Sos., S.I.K., M.H. memerintahkan seluruh jajaran Polsek agar meningkatkan kewaspadaan dan melakukan penjaringan terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa yang berkeliaran di Wilayah Kabupaten Bogor.

Pelaksanaan Kegiatan Patroli dan Penjaringan Orang Dengan Gangguan Jiwa ini bekerjasama dengan Tokoh Agama, Satpol PP Kabupaten Bogor, dan Dinas Sosial Kabupaten Bogor.

” Dalam kurun waktu 10 (Sepuluh) Hari. Polisi berhasil mengamankan sekitar 89 Orang Dengan Gangguan Jiwa” ujar Dicky kepada awak media, Selasa (11/02).

” Kami mengedepankan pendekatan persuasif terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa tersebut dengan cara memanusiakan ODGJ seperti memandikan, menggantikan baju, memberi makan, dan kemudian menyerahkan kepada Dinas Sosial Kabupaten Bogor” Terang Dicky.

Pelaksanaan Penjaringan terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa tersebut diharapkan dapat mencegah terjadinya aksi main hakim sendiri / Persekusi di tengah masyarakat. ” Selain untuk memberikan rasa tenang di tengah masyarakat dan membuktikan bahwa isu yang beredar selama ini adalah tidak benar (Hoax), diharapkan juga dapat mencegah terjadinya aksi main hakim sendiri / Persekusi di tengah masyarakat,” Bebernya.

Beredarnya isu penyerangan terhadap Ulama oleh Orang Gila menimbulkan rasa kecemasan di tengah masyarakat. Seningga masyarakat selalu merasa bahaya bila ada orang gila yang berkeliaran.

” Padahal masyarakat bisa segera melapor kepada kepolisian terdekat seningga
tidak terjadi Main Hakim Sendiri / Persekusi,” pintanya.

Dicky menghimbau, agar masyarakat tidak mudah terprovokasi dengan informasi atau isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. ” Saya dengan tegas akan menindak siapa saja yang menyebarkan informasi tidak benar itu” tandas Dicky.

Dicky juga menghimbau kepada Polsek di Jajaran Polres Bogor agar mengajak dan menggerakan kegiatan Siskamling bersama masyarakat. ” Agar dapat bersama – sama menjaga keamanan di lingkungannya, ” Pungkasnya. Cj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here