Material Pembuatan Jembatan Situ Gunung Didatangkan dari Luar

0
217

SUKABUMI (Garudanews.id) – Pembuatan jembatan trail canopy atau jembatan gantung di obyek wisata Situ Gunung di kawasan  Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi, bahan bakunya didatangkan dari luar negeri sehingga  ditaksir menelan biaya sekitar Rp 3 sampai 4 miliar.

“Pihak pengelola mengakui, komponen bahan baku jembatan sepanjang 250 meter dengan ketinggian di atas 150 meter didatangkan dari luar negeri. Sehingga menelan biaya diperkirakan mencapai Rp3 sampai 4 miliar,” terang Camat Kadudampit, Zaenal Abidin saat dikonfirmasi garudanews.id, Senin (8/1/2018).

Lanjut Zaenal, biaya cukup fantastis jembatan gantung wisata yang pembuatannya ditarget  rampung di Januari 2018 ini karena hampir  semua komponen bahan baku jembatan tersebut didatangkan dari luar negeri. Sehingga membutuhkan waktu pengiriman.

“Karena sebagian besar bahan materialnya didatangkan dari luar negeri. Jadi proses pengerjaannya tergantung bahan material kiriman yang membutuhkan waktu. Makanya target selesai pengerjaan pada Desember 2017 lalu, bisa jadi karena masih menunggu bahan baku kiriman dari luar negeri,” terang Zaenal.

Kata Zaenal, jembatan gantung yang kini  belum tuntas pekerjaannya tapi sudah jadi ajang buruan warga yang berselfie ria atau sekadar penasaran dengan jembatan yang kabarnya merupakan jembatan gantung terpanjang di Indonesia itu merupakan pekerjaan swasta murni hasil kerjasama Kementerian Lingkungan Hidup, Balai Besar Cibodas, pengelola TNGGP seksi IV Situ Gunung.

“Dengan hadirnya jembatan gantung tersebut, nanti bisa menghubungkan ke area air terjun Curug Sawer dengan Situ Gunung. Lokasi jembatan dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 4 kilometer dari pintu utama objek wisata Situ Gunung,” bebernya.

Camat Kadudampit, Zaenal Abidin mengatakan, jembatan itu merupakan jembatan gantung wisata yang menghubungkan ke area air terjun Curug Sawer. Jembatan gantung wisata ini memiliki panjang 200 meter, ketinggian sekitar 100 meter, dengan lebar jembatan dua meteran.

“Sudah pasti makin indah, karena jembatan itu adanya diantara hamparan pepohonan dan bukit. Tempatnya rimbun, asri dan sejuk. Sangat cocoklah untuk berselfie ria,” tukasnya.(Ded).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here