Mendagri Pakistan Berhasil Lolos dari Percobaan Pembunuhan

0
168
Menteri Dalam Negeri Pakistan Ahsan Iqbal ditembak di lengan dalam upaya pembunuhan yang dicurigai pada pertemuan publik di Punjab pada hari Minggu, (6/5).

ISLAMABAD (Garudanews.id) – Menteri Dalam Negeri Pakistan Ahsan Iqbal ditembak di lengan dalam upaya pembunuhan yang dicurigai pada pertemuan publik di Punjab pada hari Minggu, (6/5).

“Ahsan Iqbal menjadi sasaran dan ditembak di lengan,” Asim Khan, seorang pembantu khusus untuk politisi itu, seperti diberitakan media setempat.

Menurutnya, Ahsan Iqbal keluar dari bahaya dan dibawa ke fasilitas medis di Lahore. Penyerang telah ditangkap.

Malik Ahmed Khan, seorang juru bicara pemerintah Punjab, mengatakan kepada AFP “Penyerang hendak menembakkan tembakan kedua ketika polisi dan orang-orang dalam pertemuan itu mengalahkannya,” katanya

Atas serangan tersebut, Perdana Menteri Shahid Khaqan Abbasi mengutuk serangan yang dunilai keji itu.

Kantor Abbasi mengatakan dia telah meminta laporan segera ke insiden itu dari inspektur jenderal polisi Punjab.

Iqbal, pemimpin Liga Muslim Pakistan-Nawaz (PML-N) yang berkuasa, diserang di kampung halamannya, Narowal di provinsi Punjab.

Petugas polisi Imran Kishwar mengatakan kepada Arab News bahwa Iqbal akan dipindahkan ke Lahore segera, dan polisi akan berbagi rincian lebih lanjut tentang tersangka setelah menyelesaikan interogasi.

Serangan itu telah banyak dikecam.

“Sangat mengutuk upaya pembunuhan terhadap teman saya Ahsan Iqbal … Hanya berbicara dengannya dan dia sangat bersemangat,” tweet Menteri Kepala Punjab Shahbaz Sharif.

“Mereka yang terlibat dalam tindakan keji ini akan dibawa ke pengadilan,” lanjutnya. “PML-N tidak akan digertak ke dalam penyerahan … Doa untuk pemulihan cepat !!”
Kepala Jenderal Angkatan Darat Pakistan Qamar Javed Bajwa juga mengutuk penembakan terhadap Menteri Dalam Negeri Federal Ahsan Iqbal. “Mengucapkan harapan terbaik untuk pemulihan awal,” kata sayap media militer ISPR.

Pemimpin oposisi Imran Khan tweeted: “Sangat mengutuk serangan terhadap Ahsan Iqbal hari ini.”

Senator Sherry Rehman dari Partai Rakyat Pakistan men-tweet: “Sangat menyesal mendengar tentang cedera pada Ahsan Iqbal @betterpakistan. Semoga dia segera pulih dan pikiran, doa bersama keluarganya. Allah melindungi kita semua dalam perlindungannya. ”

Menteri Dalam Negeri Baluchistan Sarfraz Bugti tweeted: “Saya meminta semua partai politik untuk mengutuk tindakan mengerikan ini.”

Pemerintah saat ini akan menyelesaikan masa jabatannya pada akhir bulan ini, dan pemilihan umum diharapkan akan berlangsung pada 15 Juli.

Iqbal, yang disebut-sebut sebagai calon perdana menteri ketika Sharif digulingkan Juli lalu, adalah seorang anggota parlemen berpendidikan AS dari sebuah keluarga politik lama yang terkait dengan PML-N.

Dianggap sebagai otak di balik agenda pembangunan partai, ia sebelumnya memimpin Kementerian Perencanaan. (red)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here