Menpora Ajak Pemuda Agar Perduli Terhadap Lingkungan

0
208
Mempora di dampingi Nong dan Kang Serang saat menghadiri acar bersih bersih sungsi di Ciujung (Foto: Herlan/Garudanews)

JAKARTA (Garudanews) – Sebagai bentuk keperdulian terhadap lingkungan serta menumbuhkan keterpanggilan pemuda dalam mengelola sungai, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nachrowi bersama istri tercinta Shobibah Rohmah , melakukan bersih-bersih kali di sepanjang sungai Ciujung Serang Banten dengan menggunakan perahu karet.

Pada kesempatan tersebut, Nachrowi mengajak kepada para pemuda agar dapat memberikan tauladan yang baik, salahsatunya tidak membuang sampah sembarangan seperti di kali.

menurut dia, dirinya diminta oleh istrinya untuk hadir dalam acara tersebut agar menjadi inspirasi anak muda untuk berbuat yang terbaik.

“Saya senang bisa hadir disini untuk bersih-bersih sungai Ciujung, kebetulan istri saya yang meminta hadir,” kata Nachrowi didampingi Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa dan Asisten Deputi Peningkatan Kapasitas Pemuda Kemenpora, Alman Hudri, Sabtu (27/8).

Dia pun meminta Kang dan Nong Serang (semacam Abang dan None Jakarta) agar tidak segan-segan ikut membersihkan sampah yang ada di kali.

“Sadar akan kebersihan lingkungan harus dimulai dari kita sendiri, mulai dari membuang sampah yang sering kita buang sembarangan. Untuk para pemuda kalian harus bisa menjadi duta kebersihan lingkungan di masyarakat sekitar,” tukasnya.

Machrowi menambahkan, Sungai adalah sumber kehidupan bagi banyak orang, sampah harusnya bisa diolah untuk menghasilkan limbah yang bermanfaat dan baik untuk lingkungan. menurutnya, pihak Kemenpora akan mendukung kegiatan bersih-bersih sungai. Selain itu diambil dari sisi ekonominya, sungai juga bisa menjadi destinasi wisata daerah.

Sementara itu Alman Hudri menambahkan, kegiatan bersih-bersih sungai di Ciujung ini merupakan acara puncak dari rangkaian kegiatan bersih-bersih sungai di enam titik diantaranya Sungai Kalibaru Cilebut, Sungai Cikapancilan Surya Kencana, dan hari ini di Sungai Ciujung.

“Semoga acara ini memiliki manfaat yang banyak untuk kebersihan sungai Ciujung, dan saya ucapkan terima kasih juga kepada masyarakat sekitar yang ikut berpartisipasi pada acara ini,” tegas Alman.

Untuk kegiatan Bersih-bersih Sungai kali ini, Alman mengerahkan sekitar 1.500 orang dari 12 komunitas yang berasal dari 12 desa di wilayah tersebut.

“Untuk mengangkut sampah-sampah dari Sungai Ciujung, kita sudah menyiapkan 10 truk.”

Menurutnya, lurah setempat sangat kooperatif. Saat ini yang harus dilakukan adalah mengerahkan para pemudanya untuk sadar terhadap kebersihan sungainya.

“Dasar dari kegiatan ini adalah ingin menanamkan kecintaan pada pemuda agar mereka menjaga kebersihan lingkungannya dan tidak membuang sampah lagi di sungai,” ujarnya mengingatkan. (Lan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here