Pelajar SMK Ditemukan Tewas Tenggelam di Kolam Bekas Tambang Batu Bara

0
136
Pelajar SMK Ditemukan Tewas Tenggelam di Kolam Bekas Tambang Batu Bara (ist)

KUTAI KARTANEGARA (Garudanews.id) – Alif (18), pelajar SMK yang tenggelam di kolam bekas tambang batu bara, di Rapak Lambur, Kutai Kartanegara, sore ini ditemukan tewas. Meninggalnya Alif, merupakan korban ke-30 korban tewas tenggelam di kolam air yang sebelumnya bekas galian tambang batu bara.

Keterangan diperoleh, korban ditemukan mengambang di permukaan kolam, dan segera dievakuasi tim SAR gabungan. Baik Basarnas, BPBD Kukar, Polres Kukar, masyarakat dan relawan.

“Sudah, sudah ditemukan sore tadi. Kondisinya meninggal dunia, dan dibawa ke rumah sakit (RSUD Parikesit Tenggarong),” kata Kasi Operasi dan Siaga Basarnas Kelas A Balikpapan, Octavianto, Senin (22/10).

Octavianto menerangkan, tim SAR gabungan sejak pagi tadi, melakukan berbagai cara, untuk segera menemukan korban, selain dengan melakukan penyisiran. “Ada penyelaman, pembuatan gelombang dan penyapuan (permukaan kolam) menggunakan batang kayu,” ujar Octavianto.

Sementara, dalam catatan Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) Kalimantan Timur, tewasnya Alif, merupakan korban meninggal ke-30 di kolam bekas tambang batubara. “Ini yang ke-10 di kolam bekas tambang di Kutai Kartanegara,” kata Dinamisator Jatam Kalimantan Timur, Pradarma Rupang, dikonfirmasi merdeka.com

Jatam melansir, kolam bekas tambang batubara menganga itu, milik PT TPS, dengan luasan konsesi 1.011 hektare. Izin usaha pertambangan terbit pada 13 April 2010 dan berakhir pada 13 April 2016. “Secara keseluruhan, korban meninggal di kolam tambang itu ada di Samarinda, Penajam Paser Utara, Kutai Kartanegara dan Kutai Barat,” kata Rupang.

Diketahui, Alif dan 5 temannya, Minggu (21/10) siang kemarin, hendak memancing di kolam itu. Namun, lantaran tidak mendapatkan ikan, dia dan 4 temannya, berenang di kolam. Satu temannya lagi, menunggu di darat. Belakangan, Alif mengalami keram dan tenggelam di kolam itu. (Mdk/Lya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here