Pembangunan PLTsa Wujud Pengolahan Sampah Secara Termal

0
172

BEKASI, (Garudanews.id) – Permasalahan sampah dikota Bekasi seperti tidak ada habisnya. Bukan hanya Bekasi, permasalahan sampah sudah menjadi permasalahan serius hampir disetiap wilayah, bahkan diseluruh dunia.

DKI Jakarta adalah penyumbang terbesar sampah Jabodetabek. Setiap harinya, tidak kurang dari 7000 ton sampah mendarat di TPST Bantargebang. Hal tersebut harus segera mendapatkan solusi yang cepat dan signifikan, dan itu membutuhkan teknologi tinggi dalam pengolahannya tanpa mengesampingkan lingkungan. Hal tetsebut dikatakan oleh Unggul Priyanto, Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.

“Dengan kapasitas timbunan sampah yang cukup besar di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang Pemprov DKI Jakarta menjadi Pilot Project Pengolahan Sampah secara Termal (PLTsa) yang digagas oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi,” ujar Unggul dalam acara Groundbreaking Pembangunan PLTsa Bantar Gebang, Bekasi pada Rabu (21/3).

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh kepala BPPT Unggul Priyanto, Sekretaris Provinsi DKI Jakarta Saifullah, Deputi bidang Infrastruktur pada Mentri Koordinator bidang Kemaritiman dan Pejabat Walikota Bekasi Ruddy Gandakusumah.

Sementara itu, Sekretaris Provinsi DKI Jakarta Saifullah mengatakan pembangunan PLTsa merupakan tindak lanjut dari kesepakatan bersama antara Pemprov DKI Jakarta dengan Pemkot Bekasi.

“Dengan kapasitas angkut sampah sebanyak 7000 ton/hari dan 1200 truk/hari melintasi kota bekasi Pemprov DKI memiliki tanggung jawab moril kepada Pemkot Bekasi,” kata Saifullah.

Ia juga menjelaskan, karyawan yang bekerja di TPST Bantar Gebang, sudah mendapatkan gaji yang layak sesuai dengan UMK setelah TPST Bantar Gebang dikelola langsung oleh Pemprov DKI.

” Jumlah karyawan yang ada pada TPST Bantar Gebang berjumlah 740 orang dengan gaji sesuai dengan UMK dan ada beberpaa tambahan yang dalam sebulan mereka dapat menerima skitar 4 hingga 9 juta /bulan, hal ini lebih baik setelah diswakelolakan oleh pemerintah provinsi,” imbuhnya

Sementara itu juga, Pejabat Walikota Bekasi Ruddy Gandakusumah memberikan apresiasi atas dibangunnya  PLTsa tersebut.

” Kita berharap kedepan kota bekasi juga mampu malakukan hal yang sama karna kita juga memiliki TPST sendiri,” ucapnya. (Me)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here