Pemkab Blitar Polisikan Pemilik Akun Facebook Pengunggah Surat Pemanggilan KPK

0
154
Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

BLITAR (Garudanews.id) – Masyarakat Blitar dihebohkan dengan viralnya unggahan di akun facebook yang diduga milik salah seorang berinisial MT mengenai pemanggilan Bupati dan pejabat Pemkab Blitar oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).Atas kasus itu, pemerintah kabupaten Blitar akhirnya resmi melaporkan dugaan berita Hoax tersebut.

Kapolres Blitar AKBP Anissullah M Ridha mengatakan bahwa pelaporan yang di lakukan oleh Kabag Hukum Polres Blitar Agus Sunanto dengan nomor  laporan B/315/X/2018SPK/Jatim/ResBlitar Tanggal 16 Oktober 2018. Adapun sebagai terlapor pemilik akun facebook berinisial MT adalah orang yang pertama yang diduga mengunggah surat panggilan pemeriksaan oleh KPK terhadap Bupati Blitar Rijanto.

Dikatakanya, Polres Blitar kini tengah mengumpulkan sejumlah barang bukti yang bersifat umum. Seperti mengidentifikasi konten atau isi media sosial terlapor. Disisi lain polisi juga menggali informasi terhadap beberapa orang yang di tengarai mengetahui perihal awal penerima surat berisi panggilan pemeriksaan dari KPK yang diduga palsu tersebut.

“Untuk pemeriksaan, kita masih menuggu hasil penyelidikan. Namun untuk wawancara terhadap beberapa orang sudah kita lakukan. Dalam kasus ini Polres Blitar menggunakan Undang Undang Nomor 11 Tahun 2008 atau UU ITE yang mengatur tentang Informasi serta transaksi elektronik. Jika terbukti, terlapor terancam hukum 6 tahun  penjara,” ucap Kapolres, kemarin.

Seperti diketahui, dalam sepekan ini masyarakat Blitar   menjadi gaduh dengan beredarnya unggahan akun di facebook yang menyiarkan dan menayangkan gambar surat tentang pemanggilan Bupati Blitar Rijanto dan pejabat Dinas PUPR Pemkab Blitar oleh KPK. (hnn/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here