Pemprov Harus Sosialisasikan Moda Transportasi Menuju MRT

0
78

JAKARTA (Garudanews.id) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta masih mengupayakan integrasi antarmoda transportasi umum menjelang beroperasinya Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta. Anggota Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) Tory Darmantoro meminta agar moda transportasi umum yang terintegrasi dengan MRT dan Lintas Rel Terpadu (LRT) segera diperkenalkan ke masyarakat.

“Integrasi pelayanan feeder-nya (armada pengumpan) harus dimulai diperkenalkan sejak sekarang baik MRT maupun LRT,\” kata Darmantoro saat dihubungi Republika, Kamis (14/3).

Ia mengatakan, saat ini, Pemprov DKI harus segera menyosialisasikan antarmoda apa saja yang dapat digunakan masyarakat untuk berpindah transportasi. Sehingga, ketika MRT fase I rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) mulai beroperasi komersial, warga sudah memahami dan tak bingung lagi.

Darmantoro menambahkan, hal itu diperlukan sebab pengguna transportasi umum di Jakarta tak hanya warga Jakarta. Melainkan, warga di luar wilayah yang juga harus diperhatikan, seperti Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi.

Sehingga, lanjut dia, masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi berkurang. Sementara, mereka akan beralih untuk menggunakan transportasi umum yang sudah terintegrasi, bisa menjangkau permukiman warga hingga tempat tujuan.

Darmantoro menambahkan, DTKJ mendorong integrasi sistem pembayaran segera diwujudkan. Akan tetapi, yang menjadi catatan, harus dipertimbangkan perhitungan ketetapan tarif dan perancangan sistemnya.

“Penetapan tarif dan perancangan sistem itu harus dilakukan secara hati-hati agar subsidinya tidak jebol,” kata dia. (Rep/Sfa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here