Penampungan Limbah CPO Bocor, Bupati Layangkan Surat Teguran

0
252
Pejabat LH kabupaten Ketapang saat melakukan investigasi ke lokasi kebocoran pipa limbah CPO.

KETAPANG (Garudanews.id) – Guna menindak lanjuti surat teguran tertulis Bupati Ketapang Nomor 660.1/890/PERKIM LH-C/2017 Tanggal 8 November 2017 Perihal: pemberian sanksi administratif Teguran tertulis terhadap PT.LSM BGA Group sebuah perusahaan perkebunan kelapa sawit yang saat ini sudah melakukan proses pengolahan minyak kelapa sawit crude palm oil mill dengan kapasitas pabrik 45 ton, terkait kebocoran kolam penampungan limbah cpo yang berasal dari pabrik pengolahan minyak kelapa sawit. Pihak Pemkab Ketapang telah melakukan investigasi ke lapangan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Perkim LH Ir.Sukirno diruang kerjanya. Dia Membenarkan bahwa dinas yang dia pimpin telah menurunkan tim dan melakukan pemeriksaan lapangan dengan melakukan pengambilan sample air limbah dibeberapa titik pencemaran serta menindak lanjutinya dengan pemeriksaan Laboratorium.

“Proses itu sudah selesai kita lakukan yang bermuara pada pemberian sanksi adminiatratif sesuai tupoksi dan kewenangan kita,” tuturnya, kemarin.

Sebelumnya, sejumlah warga masyarakat desa Sungai Kelik kecamatan Nanga Tayap kabupaten Ketapang Kalimantan Barat, memprotes PT.LSM BGA Group, atas bocornya beberapa kolam penampungan limbah cpo yang berasal dari pabrik pengolahan minyak kelapa sawit.

Sandy dan beberapa perwakilan masyarakat desa setempat mengatkan bahwa perusahaan perkebunan kelapa sawit tersebut telah melakukan pencemaran lingkungan hidup yang telah berdampak pada warga sekitar.

Atas persoalan tersebut Bupati Ketapang Martin Rantan telah merespon dan bertindak dengan merekomendasikan laporan pengaduan masyarakat dimaksud melalui dinas perumahan pemukiman dan lingkungan hidup kabupaten ketapang yang isinya agar dinas perkim LH segera menindak lanjuti laporan masyarakat tersebut.

Sementara itu saat di konfirmasi kepada managemen PT.LSM, Riduan membenarkan membenarkan adanya sanksi yang diberikan oleh pihak LH Pemkab Ketapang. Damun demikian, kata dia, pihak perusahaan sudah melaksanakan semua item pekerjaan perbaikan dibeberapa titik rembesan limbah pabrik CPO dan sudah selesai semua.

“Kita sudah kerjakan sesuai dengan apa yang tertuang didalam surat teguran Bupati ketapang,” tuturnya. (amns/hnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here