Pengamat: Tidak Logis, Jika Partai Pemenang Pemilu Mengsung Kader Luar Partai

0
251
Pengamat politik dan kebijakan publik, Igor Dirgantara. (Foto: Ist)

JAKARTA (Garudanews.id) – Pengamat Politik dan Kebijakan Publik Universitas Jayabaya, Igor Dirgantara menyayangkan sikap politik partai PDIP yang tidak mencalonkan kadernya sendiri di Pilkada Kota Bekasi.  Hal tersebut diakatakan Igor menyusul adanya manuver politik sejumlah elit di partai banteng moncong putih itu yang mengajukan Kepala Dinas PUPR Kota Bekasi, Tri Adhianto, sebagai Bakal Calon Wakil Wali Kota (Wawalkot) ke DPP berpasangan dengan Wali Kota Petahana Rahmat Effendi di Pilkada 2018 mendatang.

Menurut dia,  seharusnya PDIP mendorong kader terbaiknya yang juga mantan Wali Kota Bekasi, Mochtar Mohamad. Karena menurutnya, pria yang tenar dipanggil M2 ini mempunyai popularitas yang bisa menyaingi petahana.

“Sebagai pemenang Pemilu Legislatif (Pileg) tahun 2014. Dengan 18 persen kursi nasional. Sangat ironis jika PDIP tidak mengusung calonnya sendiri di Pilkada Kota Bekasi. Apalagi PDIP mempunyai basis massa yang cukup kuat di Kota Bekasi,” ungkapnya kepada  garudanews.id, Senin (8/1/2018).

Selain itu, kata Igor, fungsi dari Partai Politik (Parpol) adalah kaderisasi kepemimpinan. Sehingga  Parpol yang baik menurutnya adalah yang mengusung kadernya sendiri. Kader yang sudah memiliki pengalaman serta bekerja dan loyal untuk partai.

“Jadi jangan langsung usung mengusung, tapi harus dilihat dulu berdasarkan hasil survey dan bagaimana kandidat itu melakukan sosialisasi. Kalau perlu dibantu oleh Partai,” tambahnya.

Dengan mengusung kader sendiri, sambung Igor, maka loyalitas kepada Pemerintah sekarang juga nantinya akan kuat.  Jadi nantinya akan ada korelasi dengan pemerintahan.

“Atau mungkin saja PDIP tidak melihat Kota Bekasi ini menjadi prioritas untuk dimenangkan di dalam Pilkada serentak tahun 2018 ini. PDIP lebih konsentrasi di Jabar dengan mengusung calonnya sendiri. Tapi kan Bekasi ini bagian dari Jabar, harusnya bisa sinkron,” jelasnya. (Nyt)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here