Peran Guru Sangat Penting Membentuk Karakter Muridnya

0
121
Dok.Red

BEKASI, (Garudanews.id) – Kenakalan remaja usia sekolah sering kali terjadi karena minimnya pengawasan dari orang tua ataupun guru. Guru sebagai pendidik, yang melakukan pengawasan di lingkungan sekolah jg harus memahami karakter anak didiknya. Hal tersebut untuk menjaga agar anak tidak terjerumus kepada hal negatif.

Dalam rangka meningkatkan mutu dalam pelayanan pendidikan, dan dalam rangka hari Guru Nasional dan HUT PGRI Ke-73, PGRI Kota Bekasi selenggarakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pengelolaan Sekolah Berbasis Mutu untuk para guru di Gedung PGRI, Jakasetia, Bekasi Selatan, Kamis (29/11).

“Untuk meningkatkan kompetensi dan pelayanan pendidikan, intinya kepala sekolah sebagai garda paling depan untuk mendidik anak bangsa, dia adalah managernya di sekolah, agar bagaimana dia menambah pengetahuan dari para narasumber,” kata Ketua PGRI Kota Bekasi Yana Suptiana.

Yana menambahkan bahwa dalam kegiatan tersebut, PGRI juga mengundang pihak kepolisian kaitan dengan tindakan yang diambil oleh guru kepada muridnya. Menurutnya, tindakan seorang guru harus diberikan pengetahuan tentang batasannya agar tidak menjadi tindakan yang berlebihan.

“Diantaranya di sekolah berbenturan dengan HAM, untuk itu guru diberikan pemahaman mana yang boleh dan tidak, makanya kita juga ada dewan pendidikn agar kiranya dalam proses pendidikan tidak langsung berhubungan dengan kepolisian dan dapat diselesaikan dengan kekeluargaan,” kaya Yana

Dalam kegiatan Diklat tersebut, PGRI juga akan mengundang Kejaksaan sebagai narasumber. Kegiatan sendiri dilaksanakan hingga 3 hari kedepan diikuti oleh ratusan kepala sekolah di Kota Bekasi.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol. Indarto hadir dalam kapasitasnya sebagai pembicara. Kapolres dalam pemaparanny menjelaskan bahwa peran guru sangat penting dalam menjaga dan memantau anak didiknya.

“Kejahatan besar terjadi karena kejahatan kecil dibiarkan, jangan kaget kalau anak2 menjadi nakal, itu terjadi karena anak2 dibiarkan,” ujar Kapolres dalam paparannya.

Kapolres menambahkan bahwa bahwa peran guru sebagai fungsi fundamendal sebagai pemberi bekal karakter terhadap muridnya. Peran guru sangat penting untuk dapat mencegah anak didiknya untuk melakukan hal negatif.

“Karakter ini yang melandasi seorang pemuda dan pemudi yang membangun bangsanya, nanti akan lebih kita masifkan lagi pembinaan kepada anak sekolah,” pungkasnya. (Mam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here