Perda No 17 Tahun 2013 Dilanggar, Jalur Sukabumi-Bogor Langganan Macet

0
86
Kemacetan di wilayah Sukabumi  salah satu penyebabnya karena  banyaknya kendaraan yang parkir sembarangan dan tidak disiplinnya para pengemudi angkutan umum

SUKABUMI (Garudanews.id) – Akibat Peraturan Daerah (Perda) Nomor 17 Tahun 2013 dilanggar, mengakibatkan jalur Sukabumi-Bogor menjadi langganan macet. Adapun penyebab kemacetan selain aturan dilanggar, juga ruas jalan yang tidak sesuai dengan jumlah kendaraan dan disiplin pengendara.

Padahal Kabupaten Sukabumi telah memiliki Perda yang mengatur atau membatasi jam operasional angkutan pasir dan angkutan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dari pukul 05.00-10.00 WIB tidak boleh beroperasi, pukul 10.00-18.00 WIB boleh beroperasi lalu dilanjut pukul 16.00-19.00 WIB dilarang beroperasi.

”Kemacetan terjadi karena banyaknya kendaraan besar yang melintas diluar waktu yang ditentukan. Ditambah pengendara yang tidak sabar dan bubaran pabrik, jadi Perda itu tidak berfungsi,”ungkap warga pengguna jalan Ridwan (44) kepada garudanews.id, baru-baru ini.

Ridwan menduga, Perda ini tidak berjalan akibat tidak konsistennya petugas dalam pengawasan kepada pengendara yang melanggar dan bila berkali-kali langsung tindak.

”Jadi semua rugi waktu dan materi terbuang cuma-cuma. Kalau kita pakai jalan alternatif ada pungli, kalau pakai jalan utama macet,”ucapnya.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukabumi saat dihubungi, mengklaim sudah membatasi waktu operasional angkutan pasir dan angkutan AMDK. Bahkan pihaknya membenarkan bahwa salah satunya akibat dari kemacetan akibat banyak angkutan berat beroperasi.

”Tapi kami akan mencoba melakukan penyempurnaan aturan itu, sehingga mampu mengatasi kemacetan,”tuturnya. (ded)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here