Pertumbuhan Kredit Perbankan Dongkrak Penguatan Rupiah

0
132

JAKARTA (Garudanews.id) – Pergerakan nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin pagi bergerak menguat sebesar dua poin ke posisi Rp15.195 dibandingkan sebelumnya Rp15.197 per dolar AS.

“Nilai tukar rupiah menguat seiring respon positif pelaku pasar uang terhadap survei Bank Indonesia (BI) mengenai pertumbuhan kredit perbankan pada tahun ini,” kata Analis senior CSA Research Institute Reza Priyambada di Jakarta, Senin (22/10).

Dalam survei Bank Indonesia, rata-rata responden memperkirakan pertumbuhan kredit pada 2018 akan mencapai 11,5 persen, lebih tinggi dibandingkan realisasi pertumbuhan kredit 2017 sebesar 8,2 persen.

Ia mengharapkan pergerakan rupiah ke depan dapat tetap bertahan di area positif, sehingga dipandang positif investor sebagai negara dengan ekonomi yang solid.

Ekonom Samuel Sekuritas Ahmad Mikail menambahkan pergerakan dolar AS juga cenderung melemah di pasar global, terutama terhadap euro dan pound sterling setelah hampir pastinya disepakati perjanjian keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

“Rupiah menguat terimbas sentimen global itu. Rupiah kemungkinan akan bergerak di kisaran level Rp15.150-Rp15.200 per dolar AS,” paparnya. (Ant/Sfa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here