Pihak Sekolah di Bogor Dituding Tidak Transparan dalam Laporan Keuangan

0
134
Audit (Ilustrasi)

BOGOR (Garudanews.id) – Sejumlah pihak mempertanyakan transparansi anggaran yang dikucurkan oleh pemerintah provinsi kepada sekolah yang tersebar di Kabupaten Bogor Jawa Barat. Bahkan ada juga sekolah yang sengaja menutup-nutupi data yang dikeluarkan.

Seperti halnya SMAN  1 Ciampea Kabupaten Bogor. Pihak sekolah dalam hal ini melalui Humas bahkan sengaja membohongi sejumlah awak media saat ingin melakukan klarifikasi.

Padahal, sebelumnya pihak keamanan sekolah telah memberi informasi bahwa kepala sekolah ada ditempat, namun  informasi dari Humas malah sebaliknya bahwa Kepala Sekolah tidak ada di tempat.

Menyikapi hal tersebut, Forum Indonesia untuk Transparansi Khadafi mengutuk kepada pimpinan sekolah yg menutup nutupi terserapnya anggaran rutin dari pemerintah.

“Pihak sekolah seharusnya dapat memberikan keterangan soal transparansi anggaran yang dikucurkan dari pemerintah provinsi. Apalagi fungsi pers sebagtai sosial kontrol, kalau pihak sekolah benar kenapa harus tertutup,” ujar dia.

Untuk itu, ia mendesak kepada semua pihak dapat menindak lanjuti persoalan tersebut kepada instansi terkait. Lanjutnya, bila dari instansi terkait tidak ada tentunya dapat lapor pula ke gubernur.

“Pokoknya sekolah yang mengikuti aturan sesuai Undang Undang  no  14 thn 2008, tentang keterbukaan informasi publik (KIP) publik p[un dapat melaporkan langsung ke gubernur. (Mkls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here