Pilkada 2018, Perpaduan Dua Budaya Hadir di Sumatra Utara

0
331
Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Pangihutan Hamonangan Sitorus

JAKARTA (Garudanews.id) – Kehadiran  mantan wakil gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat yang notabene merupakan putra asli Jawa dan Sihar Pangihutan Hamonangan Sitorus, pengusaha asli Batak di Pikada Sumatra Utara dinilai sangat menarik. Hal inilah sebagaian pengamat menyebutnya  pasangan nusantara yang memiliki peluang menang sangat besar.

Karena, diketahui populasi penduduk Jawa di Sumatra Utara mencapai 35 persen, dan putra Batak yang maju di Pilgub kali ini hanya menyodorkan satu calon. Hal ini membuka peluang bagi para pemilih khususnya kolaborasi dua budaya antara Jawa dan Batak akan menyatu di Sumatra Utara. Demikian diungkapkan pakar Komunikasi Politik Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing, Minggu, (7/1).

Menurut Emrus, pengalaman Djarot di DKI Jakarta sudah terbukti dan hal itu, kata dia, sebagai modal. Semtara itu, dengan latar belakang Sihar sebgai pengusaha dinilai semakin meperkuat pemerintahan di provinsi Sumatra Utara dalam lima tahun kedepan.

Lanjut dia, pasangan Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Pangihutan Hamonangan Sitorus merupakan kombinasi dua budaya Jawa-Batak yang dinilai memiliki sejarah panjang dalam membangun negeri ini.

“Terlebih, bila keduanya dapat mengkombinasikan program dan karya nyatanya yang pro kerakyatan sudah barang tentu masyarakat Sumatra Utara akan memilihnya. Perpaduan nasionalis dan pengusaha ini yang memiliki kans yang cukup tinggi bahwa pasangan itu bakal memenangi Pilgub di Sumut mendatang,” ungkap Direktur Eksekutif EmrusCorner ini.

Sebelumnya, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengumumkan enam pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur yang diusung partai untuk pemilihan kepala daerah di Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur.

Dalam rapat koordinasi di kantor DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta, Minggu, (7/1) Megawati menyampaikan bahwa partainya mengusung Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Pangihutan Hamonangan Sitorus untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara.

Djarot adalah mantan Gubernur DKI Jakarta, sementara Sihar adalah staf ahli di Kementerian Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan. (Chep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here