Polda Metro Bekuk Pengedar Narkoba dalam Vape

0
115
Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono saat memberikan keterangan pers.

JAKARTA (Garudanews.id) – Pihak Polda Metro Jaya berhasil mengungkap peredaran narkoba cairan vape atau rokok elektrik oleh tiga penjual sekaligus kurir narkoba. Masing-masing tersangka berinisial ER, AG dan TM. Mereka menjajakan barang haramnya itu melalui media sosial LINE dan Instagram.

Kandungan narkoba dalam cairan vape itu terdiri dari MDMA dan 5 Fluoro ADB, termasuk golongan jenis 1. Dampak yang ditimbulkan mengakibatkan pengguna akan berhalusinasi. Khasiat itu juga dijadikan caption dalam setiap foto yang diunggah pelaku ke akun-akun jualannya.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono menjelaskan, penangkapan itu bermula saat petugas mendapat informasi adanya akun LINE dan Instagram yang secara vulgar menawarkan cairan vape mengandung narkoba.

“Para tersangka ini menjual narkoba jenis liquid vape hanya di media sosial Instagram dan LINE. Ini termasuk modus baru ya karena masih sangat jarang peredaran narkoba jenis liquid vape ini,” kata Argo dalam keterangan tertulisnya.

Pelaku mendapat cairan vape yang sudah dioplos dengan narkoba itu dari pelaku lain yang saat ini sedang dicari polisi. Barang itu dikemas sedemikian rupa dan dibungkus dengan kardus khusus untuk dijual kembali atau reseller atas inisiatif tersangka TM.

“Pelaku ER diperintahkan membungkus paket sekaligus mengantarkan kepada pemesan, AG sebagai reseller, TM ini yang membuat akun, membeli barang dari akun LINE untuk dijual lagi,” tenangnya.

Pelaku ER selaku kurir cairan vape itu menyamar sebagai tukang ojek online untuk mengelabui petugas, ia seolah-olah mengantarkan barang sesuai sesuai pesanan konsumen melalui akun LINE dan Instagram.

Tersangka terancam dijerat Pasal 114 Ayat 2 juncto Pasal 132 Ayat 1 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal penjara seumur hidup. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here