Polda Metro Jaya akan Tindak Tegas Oknum yang Salahgunakan Car Free Day

0
200
Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono. (Foto: Ist)

JAKARTA (Garudanews.id) – Polda Metro Jaya akan menindak tegas oknum yang menyalahgunakan area car free day (CFD). Karena, penyelenggaraan CFD diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 12 Tahun 2016.

“Kami sepakat untuk menegakkan aturan ini dengan Pemerintah Daerah (Pemda). Misalnya nanti ada yang melakukannya akan kita lakukan tindakan tegas, akan kita bubarkan kegiatan itu,” kata Kabid Humas Polda Metro jaya Argo Yuwono di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, kemarin.

Argo akan bekerja sama dengan pemda menindak oknum nakal itu. Sejumlah aparat telah disiagakan berjaga di wilayah hari bebas kendaraan bermotor itu.

“Jadi kami sama-sama dengan pemda. Kami akan membackup penuh dengan kepolisian dan pemda. Ada Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satpol PP juga nanti di sana (wilayah CFD),” ungkap Argo.

Ia berharap, warga DKI bisa memanfaatkan area CFD sesuai aturan. Peraturan Gubernur Nomor 12 Tahun 2016, pada Pasal 7 ayat 1 menyatakan bahwa sepanjang jalur HBKB hanya dapat dimanfaatkan untuk kegiatan yang bertema lingkungan hidup, olahraga, seni dan budaya.

Selanjutnya, pada pasal 2 menyatakan, HBKH tidak boleh dimanfaatkan untuk kepentingan partai politik dan SARA serta orasi ajakan yang bersifat menghasut.

“Maka itu, dilarang melakukan kegiatan selain yang tertuang dalam pergub,” tutup Argo. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here