Polrestro Bekasi Rangkul 3 Perusahaan Terapkan Pembayaran Non Tunai

0
142
Dok.Red

BEKASI, (Garudanews.id) – Setelah meluncurkan pelayanan SKCK dan perpanjangan SIM 24 jam, Polres Metro Bekasi Kota menerapkan pelayanan Chashless Payment Service. Polrestro Bekasi menggandeng tiga (3) perusahaan yakni T-Cash, Go Pay, dan BRI untuk melancarkan program tersebut.

“Program ini pertama meningkatkan kualitas pelayanan publik, kedua mencegah korupsi,” ujar Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombespol. Indarto, di Aula Polres Metro Bekasi, Jumat (2/11).

Chashless payment service sendiri sejalan dengan program pemerintah dalam membuat transaksi ekonomi menjadi semaksimal. Dengan transaksi non tunai, maka dokumen transaksi dapat tertata, Sehingga dengan mempermudah terungkap jika terjadi penyimpangan.

“Dengan adanya kemudahan itu orang akan berpikir. Wah saya ga bisa lagi melakukan penyimpangan karena semua perbuatan saya akan terdokumentasikan dengan baik,” tambahnya.

Melalui program tersebut, Indarto berharap bahwa Polrestro Bekasi Kota, menjadi wilayah bebas korupsi. Selain itu, keberadaan program cashless payment juga lebih menguntungkan masyarakat dengan Cash Back. Sebagai contohnya untuk membuat sim C baru biayanya Rp.1.00 ribu, maka melalui pembayaran non tunai akan dikembalikan Rp20 ribu.

Lebih lanjut Indarto menuturkan pada bulan pertama program non cashless masih dalam tahap sosialisasi. Sistem pembayaran manual masih diberlakukan hingga bulan ketiga. Pada bulan ketiga tersebut, maka waktu pelayanan manual akan dipercepat mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB.

“Polrestro Bekasi Kota,  tidak mewajibkan kepada masyarakat untuk menggunakan program cashless payment. Tetapi masyarakat coba bandingkan untung mana antara manual dan cashless. Dan pelayanan manual tetap dibuka hanya waktunya di batasi,”pungkasnya.

Seperti diketahui, Penerapan pelayanan non cash sudah dilakukan di Kota Bekasi menyusul daerah lain seperti di Gresik dan Bojonegoro yang lebih dulu menerapkan program tersebut. Diharapan penerapan program tersebut dapat diterima dan meningkatkan mutu pelayanan publik. (Mam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here