PR Dunia Pendidikan Indonesia

0
233

Kabupaten Bogor ( Garudanews.id ) –Akhir akhir ini dunia pendidikan kita mempertontonkan perilaku hasil didik yang cukup memprihatinkan. seolah ada yang hilang dari mereka. jika dicermati dengan seksama bahwa di kurikulum dunia pendidikan saat ini tidak lagi berisi materi pendidikan budi pekerti seperti saat saya sekolah dulu. Bisa jadi itu salah satu faktor penyebab buruknya perilaku pelajar saat ini. Secara prosentasi memang sedikit akan tetapi intensitasnya sudah sangat menghawatirkan. Sejatinya dunia pendidikan melahirkan hasil didik yang tidak cuma cerdas secara intelektual namun juga harus cerdas secara moral, sosial dan tentu saja spiritual. Ada yang hilang didunia pendidikan kita. Yang padahal cita citanya sudah mulia. “Pendidikan berkarakter”
yang hilang dari dunia pendidikan kita diantaranya
1. Pendidikan Budi Pekerti. Yang berisikan tentang perilaku bertata krama.
2. PMP (Pendidikan Moral Pancasila) yang berisi tentang wawasan kebangsaan meliputi Pancasila, Toleransi dan moral
3. Kurangnya ajang adu bakat antar dan inter sekolah. seperti cerdas cermat. Turnamen – turnamen olahraga yang bisa dijadikan ajang silaturahmi antar sekolah.
4. Minimnya Quota pendidikan agama.
5. Kurangnya Silaturahmi antar orang tua siswa dan para guru. ironisnya ada orang tua yg tidak kenal (tidak tahu) siapa guru anaknya.
6. Mahalnya biaya pendidikan meskipun sudah berjargon “Gratis” faktanya baru bebas iuran. belum bisa dibilang gratis karena tetap ada ysng harus dibayar (perlengkapan penunjang dan transportasi) masih ada buku yang harus dibayar.
7. Kurangnya ajang kreatifitas prakarya yang dapat menggali bakat dan potensi peserta didik.
Padahal kita semua sadar bahwa pendidikan yang baik akan melahirkan anak bangsa yang baik pula. Karena hasil tidak akan menghianati proses. Kecuali ada yang salah dalam perjalanannya. semoga para pemangku kebijakan khususnya kementrian pendidikan mampu menyempurnakan yang kurang serta menemukan kembali yang hilang.
WALLAHU A’LAM
Iwan Mei Chien
KORWIL SELATAN AMPB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here